Loker Full & Part Time

Loker Full & Part Time

Loker Full & Part Time – Part time atau kerja paruh waktu merupakan salah satu model kerja yang tidak mengharuskan pegawai bekerja secara penuh waktu. Model ini biasanya dilakukan oleh pekerja yang memang belum bisa bekerja penuh waktu seperti pelajar atau mahasiswa.

Part time atau kerja paruh waktu adalah pekerjaan di bawah jam normal atau kurang dari 35 jam seminggu. Part time juga dapat didefinisikan sebagai pekerjaan yang memberlakukan setengah dari jam kerja normal atau penuh waktu (full time).

Hal inilah yang membedakannya dengan pekerjaan full time, di mana para pekerja full time biasanya bekerja secara permanen dan dalam jangka waktu lama.

Kerja part time memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan pekerjaan penuh waktu atau full time. 

  • Kelebihan Part Time

Mendapatkan upah dan memperoleh pendapatan tambahan yang dapat membantu dalam masalah perekonomian. Dapat mempelajari hal baru dari tempat kerja part time maupun kegiatan bekerja. Menambah wawasan yang lebih luas di luar studi perkuliahan atau sekolah.

Mengasah keahlian sebelum mendapatkan pekerjaan tetap dan menjadi nilai lebih bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah/sekolah. 

Sebagai aktualisasi diri di mana keahlian seseorang akan semakin berkembang dan meningkat dengan terjun langsung ke masyarakat. 

Mengasah kemampuan manajemen waktu di mana pelajar atau mahasiswa harus pandai mengatur waktu antara bekerja dan belajar serta istirahat.
Menambah jaringan dan kenalan dan membentuk relasi baru yang didapat dari pekerjaan.

  • Kekurangan Part Time

Pekerja part time tidak mendapatkan perlindungan terhadap pekerja seperti pekerja formal atau full time pada umumnya. Pekerja part time sering kali diremehkan dan dinilai tidak profesional.

Upah yang diterima terkadang tidak sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan dan tidak sesuai upah standar. Tidak memiliki kontrak dengan lembaga atau perusahaan. Tidak ada jenjang karier sehingga posisi pekerja part time akan stagnan di situ saja.

Cara Mendapatkan Kerja Part Time

Meskipun ada beberapa kekurangan, tapi pekerjaan part time tetap memberikan keuntungan bagi pekerja yang menjalaninya. Pekerjaan part time sendiri sangat mudah ditemukan terutama di sektor-sektor jasa dan kuliner. Berikut cara mendapatkan pekerjaan part time 

  • Pertimbangkan Waktu dan Jadwal

Sebelum menjalani pekerjaan part time, ada baiknya kita memperimbangkan juga waktu yang kita miliki, apakah memang cukup untuk melakukan kerja part time atau tidak. Jika kita merasa punya waktu luang terlalu banyak, maka kita cocok melakukan pekerjaan part time.

  • Berkomitmen Fleksibel

Pekerjaan part time termasuk tidak tetap dan sangat fleksibel. Ketika melamar sebagai pekerja part time, pastikan kita siap untuk mengerjakan tugas apa saja dan di waktu kapan saja dibutuhkan. Sebab, biasanya pekerjaan part time memberlakukan shift. 

Jika kita merasa tidak sanggup bekerja di shift malam, maka sebaiknya pertimbangkan ulang untuk melamar part time job.

  • Melamarlah Seperti Mencari Pekerjaan Tetap

Meskipun judulnya part time, tetapi saat mencari kerja part time, kita tetap harus serius ketika melamar. Perlakukan seperti ketika kita mencari pekerjaan tetap atau full time, yakni dengan mengirim lamaran. 

Ada juga pekerjaan part time yang meminta kandidat untuk mengirimkan cover letter dan portofolio. Pokoknya siapkan dokumen lengkap sesuai yang disyaratkan oleh penyedia kerja part time.

  • Tunjukkan Komitmen untuk Bertahan

Sebelumnya disebutkan bahwa pekerjaan part time bersifat temporer atau sementara. Meski demikian, ketika melamar pekerjaan part time, usahakan agar kita memiliki mindset bahwa kita akan mengerjakan pekerjaan ini dalam waktu cukup lama. 

Tunjukkan komitmen kepada pemberi kerja bahwa kita tidak akan cepat resign atau keluar, karena mencari tenaga kerja juga sama sulitnya dengan mencari pekerjaan.

  • Rajin Mengecek Situs Pencarian Kerja

Biasanya banyak penyedia kerja part time juga mengiklankan lowongan mereka di situs pencarian kerja. Bahkan di situs tersebut, kita bisa mendapatkan informasi lebih lengkap seperti kisaran upah/salary dan periode bekerja. 

Ada yang harian, mingguan, hingga bulanan. Kita tinggal memilih yang sesuai dengan preferensi kita, apakah ingin bekerja part time selama beberapa minggu atau langsung beberapa bulan sekalian.

Karyawan Fulltime adalah karyawan yang bekerja dengan jam waktu penuh sesuai dengan peraturan pemerintah, yaitu sekitar 7-8 jam perhari. 

Jadi dapat di artikan makna penuh waktu (Full-Time) disini adalah karyawan bekerja secara penuh di mana dalam seminggu menghabiskan waktu kerja sekitar 35-40 jam dan mendapatkan gaji bulanan. Bekerja sebagai full-time memiliki beberapa keuntungan di antaranya yaitu :

  1. Mendapatkan jenjang karir yang lebih baik
  2. Gaji yang lebih besar dan terjamin setiap bulannya
  3. Mendapatkan Intensif seperti jaminan kesehatan, bonus, cuti dan bentuk intensif lainnya

Tetapi bekerja sebagai karyawan full-time juga memiliki kekurangan seperti :

  1. Menyita banyak waktu untuk bekerja
  2. Biasanya memiliki ikatan dinas yang jika di langgar akan mendapatkan denda besar
  3. Kurangnya waktu untuk mengerjakan hal lain

Link grup wa Loker Full & Part Time

INFO LOWONGAN PARTTIMe

Demikianlah penjelasan terkait loker full & part time. Silakan join grup tersebut jika kamu ingin mendapatkan informasi mengenai loker full & part time, sekian terima kasih.

Leave a Comment