Link Instagram Maruf Amin, Yuk Gabung Disini!!!

Link Instagram Maruf Amin

Link Instagram Maruf Amin – Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin merupakan Wakil Presiden ke-13 Republik Indonesia setelah bersama Presiden Joko Widodo terpilih dalam Pemilihan Presiden 2019. 

Maruf Amin kelahiran Tangerang, 11 Maret 1943, dilantik sebagai Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019.

Maruf Amin memiliki pengalaman legislatif sejak tahun 1971 hingga 1999. Berbagai jabatan publik juga pernah diembannya, mulai dari Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Ketua Majelis Ulama Indonesia, hingga anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

Ma’ruf Amin juga merupakan seorang politikus sekaligus ulama besar di Indonesia. Ia mengemban jabatan anggota Dewan Pertimbangan Presiden dalam dua periode berturut-turut.

Di periode pertama, ia dilantik pada 10 April 2007. Sedangkan pada periode kedua, pelantikannya dilaksanakan pada 25 Januari 2010.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan bahwa dirinya akan mencalonkan kembali dalam Pemilu Presiden 2019. 

Jusuf Kalla sebagai wakil presiden petahana tidak dapat mencalonkan diri kembali dikarenakan tidak memenuhi syarat untuk masa jabatan selanjutnya karena batasan masa jabatan yang ditentukan untuk jabatan presiden dan wakil presiden. 

Mengingat Jusuf Kalla telah menjabat wakil presiden selama dua periode secara tidak berturut-turut (2004–2009 dan 2014–2019). 

Spekulasi mengenai siapa yang akan dipilih Jokowi sebagai pasangannya yang berfokus pada beberapa kandidat, termasuk Mahfud MD, seorang mantan Menteri Pertahanan Indonesia dan pernah memimpin Mahkamah Konstitusi sebagai ketua.

Pada 9 Agustus 2018, secara mengejutkan, Jokowi mengumumkan bahwa Ma’ruf akan menjadi pasangannya. 

Padahal, Mahfud dilaporkan tengah mempersiapkan diri untuk menjadi calon wakil presiden pendamping Jokowi, tetapi setelah didorong oleh beberapa partai konstituen dari koalisi pemerintahan Jokowi dan tokoh-tokoh Islam yang berpengaruh, Ma’ruf dipilih sebagai gantinya. 

Menjelaskan keputusannya, Jokowi merujuk pada pengalaman Ma’ruf yang luas dalam urusan pemerintahan dan keagamaan.

Komisi Pemilihan Umum mengumumkan kemenangan Widodo dan Ma’ruf, dengan pasangan ini mendapatkan 55,5 persen suara pada 21 Mei 2019, meskipun status Ma’ruf sebagai Wakil Presiden terpilih sedang menunggu tuntutan hukum ke Mahkamah Konstitusi

Dalam perjalanan karirnya, ia pernah menjabat posisi penting di Indonesia seperti Ketua Fraksi Golongan Islam DPRD DKI Jakarta, anggota MPR-RI, ketua komisi VI DPR-RI dan masih banyak lagi. 

Sebelumnya, ia mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang dan Universitas Ibnu Chaldun.

Saat ini, ia menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam sebuah acara seminar di Jakarta, ia pernah menyatakan dukungannya terhadap Fauzi Bowo yang kini sedang memperebutkan kursi Gubernur DKI Jakarta. 

Hal ini disampaikannya pada seminar diadakan di Jakarta Islamic Center. Dalam kesempatan itu pula, ia memaparkan tiga kriteria pemimpin yang baik dan mengerucutkan pembicaraannya ke sebuah nama yaitu Fauzi Bowo. 

Menurutnya, sosok Fauzi Bowo bisa membawa kemaslahatan untuk masyarakat, memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi yaitu S-3 tata wilayah di luar negeri, serta memiliki keunggulan agama yang lebih daripada calon lain.

Di akhir pertemuan, ia menyatakan bahwa hal tersebut merupakan pendapat pribadinya sehingga ia tidak mengatasnamakan MUI. Oleh karena itu, ia tidak memaksakan pendapatnya kepada ulama MUI lain yang hadir saat itu. 

Di sisi lain, ia pun enggan jika ungkapannya itu dianggap sebagai salah satu bentuk kampanye untuk Fauzi Bowo. Ia hanya menyampaikan beberapa kriteria pemimpin yang baik berdasarkan sunah dan Al-Qur’an. 

Terakhir, ia berpesan bahwa seharusnya pemilih yang beragama Islam haruslah memilih pemimpin yang juga beragama Islam.

Karir Maruf Amin

Link Instagram Maruf Amin
  • Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hubungan Antar Agama (2010 – sekarang)
  • Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Kehidupan Beragama (2007 – 2009)
  • Anggota Koordinator Da’wah (KODI) DKI Jakarta.
  • Anggota BAZIS DKI Jakarta
  • Ketua Fraksi Golongan Islam DPRD DKI Jakarta.
  • Ketua Fraksi PPP DPRD DKI Jakarta
  • Pimpinan Komisi A DPRD DKI Jakarta
  • Anggota MPR RI
  • Ketua Komisi VI DPR RI
  • Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat
  • Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)
  • Penasehat Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM – PBNU)
  • Dosen STAI Shalahuddin Al-Ayyubi, Jakarta.

Berikut Link Instagram Maruf Amin

Link Instagram Maruf Amin

Bagi kalian yang senang dengan Perjalanan dari saang kiyai kalian bisa mengkuti keseharian beliau melalui Platfrom mendia sosial yang bernama instagram, kami akan membagikan link resmi dari Instagram Maruf Amin.

Nah berikut Link Instagram Maruf Amin kalian cuma klik langsung masuk ke Profil beliau, https://www.instagram.com/kyai_marufamin/?hl=id

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Link Instagram Maruf Amin, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.   

Leave a Comment