Grup Wa Ilmu Politik

GRUP WA ILMU POLITIK

Grup Wa Ilmu Politik merupakan grup yang berisi tentang seputar pengamat politik yang  digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama anggota seprofesi yang bekerja di bidang politik untuk membahas isu dan sistem politik yang sedang trend.

Ilmu politik adalah cabang ilmu sosial yang membahas antara Perbedaan konflik  dan interaksi, teori dan praktik politik serta deskripsi dan analisis sistem politik dan perilaku politik. Ilmu ini berorientasi akademis, teori, dan riset. 

Politik perlu dibahas oleh orang orang yang ahli dibidangnya. Orang yang sering membahas atau berkecimpung dalam ilmu politik disebut sebagai pengamat politik atau politisi.

Berikut ini beberapa pendekatan yang perlu diperhatikan oleh pengamat ilmu politik sebelum bergabung  dengan grup wa ilmu politik  yaitu sebagai berikut :

  • Pendekatan institusionalisme

Bahasan dalam pendekatan ini menyangkut sifat undang-undang dasar, masalah kedaulatan, kedudukan, dan kekuasaan formal serta yuridis dari lembaga-lembaga kenegaraan seperti parlemen dan lain-lain. 

Dengan kata lain, pendekatan ini mencakup unsur legal maupun institusional. Pendekatan legal atau institusional, yang sering dinamakan pendekatan tradisional.

  • Pendekatan perilaku dan pilihan rasional

Inti dari pendekatan perilaku dan pilihan rasional ialah bahwa individu sebagai aktor terpenting dalam dunia politik dan sebagai makhluk yang rasional selalu mempunyai tujuan-tujuan yang mencerminkan apa yang dianggapnya kepentingan diri sendiri. 

Kedua pendekatan ini baik pendekatan perilaku dan pilihan rasional, memiliki fokus utama yang sama yakni individu atau manusia.

  • Pendekatan kelembagaan baru

Pendekatan kelembagaan baru lebih merupakan suatu pendekatan yang meliputi beberapa pendekatan lain, bahkan beberapa bidang ilmu pengetahuan lain seperti ekonomi dan sosiologi dan lainnya. 

Berbeda dengan institusionalisme lama yang memandang institusi negara sebagai suatu hal yang statis dan terstruktur, pendekatan kelembagaan baru memandang negara sebagai hal yang dapat diperbaiki ke arah suatu tujuan tertentu. 

Kelembagaan baru sebenarnya dipicu oleh pendekatan behavioralis atau perilaku yang melihat politik dan kebijakan publik sebagai hasil dari perilaku kelompok besar atau massa, dan pemerintah sebagai institusi yang hanya mencerminkan kegiatan massa itu.  

Bentuk dan sifat dari institusi ditentukan oleh aktor serta juga dengan segala pilihannya. 

Berikut Ini Link Grup Wa Ilmu Politik

GRUP WA ILMU POLITIK

Untuk menambah pengetahuan tentang ilmu politik dan berbagi pengalaman dan pendapat tentang isu isu politik yang sedang panas alias trend saat ini  kamu bisa bergabung dengan grup wa ilmu politik

Berikut link grup wa yang akan membahas tentang material teknik anda bisa klik grup wa ilmu politik  yaitu https://chat.whatsapp.com/FK6KukLJ7Vq19VNZyNZQck

Nah demikianlah ulasan yang membahas tentang grup wa ilmu politik , Terima kasih telah singgah, semoga bermanfaat*** 

Leave a Comment