Grup Wa MATEMATIKA

Grup Wa MATEMATIKA

Grup wa MATEMATIKA- Matematika (dari bahasa Yunani Kuno μάθημα (máthēma), berarti “pengetahuan, pemikiran, pengkajian, pembelajaran”), adalah bidang ilmu, yang mencakup studi tentang topik-topik seperti bilangan (aritmetika dan teori bilangan), 

Rumus dan struktur terkait (aljabar), bangun dan ruang tempat mereka berada (geometri), dan besaran serta perubahannya (kalkulus dan analisis). Tidak ada kesepakatan umum tentang ruang lingkup yang tepat atau status epistemologinya. 

Matematika selalu berkembang, misalnya di Tiongkok pada tahun 300 SM, di India pada tahun 100 M, dan di Arab pada tahun 800 M, hingga zaman Renaisans, 

Ketika temuan baru matematika berinteraksi dengan penemuan ilmiah baru yang mengarah pada peningkatan yang cepat di dalam laju penemuan matematika. 

Berlanjut hingga kini, matematika digunakan di seluruh dunia sebagai alat penting di berbagai bidang, termasuk ilmu alam, teknik, kedokteran/medis, dan ilmu sosial seperti ekonomi, dan psikologi. 

Matematika terapan, cabang matematika yang melingkupi penerapan pengetahuan matematika ke bidang-bidang lain, mengilhami dan membuat penggunaan temuan-temuan matematika baru, dan kadang-kadang mengarah pada pengembangan disiplin-disiplin ilmu yang sepenuhnya baru, seperti statistika dan teori permainan.

Matematika banyak digunakan dalam ilmu pengetahuan untuk fenomena pemodelan. Hal ini memungkinkan ekstraksi perkiraan kuantitatif dari hukum-hukum percobaan. 

Misalnya, pergerakan planet dapat diprediksi dengan akurasi tinggi menggunakan hukum gravitasi Newton yang dipadukan dengan perhitungan matematis. 

Ketaktergantungan kebenaran matematis dari percobaan manapun menyiratkan bahwa keakuratan perkiraan semacam itu hanya bergantung pada kecukupan model untuk menggambarkan kenyataan. 

Jadi, ketika munculnya beberapa perkiraan yang tidak tepat, itu berarti bahwa model harus diperbaiki atau diubah, bukan berarti matematika salah. 

Misalnya, presesi apsis atau perihelium Merkurius tidak dapat dijelaskan dengan hukum gravitasi Newton, tetapi dijelaskan secara akurat oleh relativitas umum Einstein. Pengesahan percobaan teori Einstein ini menunjukkan bahwa hukum gravitasi Newton hanyalah hampiran (yang masih sangat akurat dalam kehidupan sehari-hari).

Matematika sangat penting di banyak bidang, termasuk ilmu alam, rekayasa, kedokteran, keuangan, ilmu komputer, dan ilmu sosial. 

Beberapa bidang matematika, seperti statistika dan teori permainan, dikembangkan dalam korelasi langsung dengan terapannya, dan sering dikelompokkan dengan nama matematika terapan. 

Bidang matematika lainnya dikembangkan secara independen dari aplikasi apa pun (dan oleh karena itu disebut matematika murni), tetapi aplikasi praktis sering ditemukan kemudian. 

Contoh yang tepat adalah masalah faktorisasi prima, yang merujuk kepada Euklides, tetapi yang tidak memiliki aplikasi praktis sebelum digunakan dalam sistem crypto RSA (untuk keamanan jaringan komputer).

Dalam praktiknya, matematikawan biasanya dikelompokkan dengan ilmuwan, dan matematika memiliki banyak kesamaan dengan ilmu fisika, terutama penalaran deduktif dari asumsi. 

Matematikawan mengembangkan hipotesis matematika, dikenali sebagai konjektur, menggunakan metode coba-coba dengan intuisi juga, serupa dengan apa yang dilakukan oleh ilmuwan. Matematika percobaan dan metode komputasi seperti simulasi juga kian penting dalam matematika.

Kini, semua ilmu pengetahuan menghadapi masalah yang dipelajari oleh matematikawan, dan sebaliknya, hasil dari matematika sering menimbulkan pertanyaan dan realisasi baru dalam ilmu pengetahuan. 

Misalnya, fisikawan Richard Feynman memadukan penalaran matematika dan wawasan fisika untuk menemukan rumus integral lintasan dari mekanika kuantum. 

Di pihak lain, teori dawai adalah kerangka kerja yang diusulkan untuk menyatukan banyak fisika modern yang telah mengilhami teknik dan hasil baru dalam matematika.

Berikut Ini Link Grup WA MATEMATIKA

Grup Wa MATEMATIKA

Grup whatsapp matematika khusus untuk anda yang ingin Belajar Matematika.

Grup ini sangat cocok bagi kalian anak sekolah, 

Mahasiswa atau siapa saja yang ingin menambah ilmu matematika atau pemahaman mengenai dunia matematika dan saling berbagi tips dan trik mengerjakan soal matematika dengan cepat dan tepat.

Bergabunglah dengan grup WA Belajar Matematika agar anda bisa saling sharing atau berbagi ilmu dan info seputar matematika di Indonesia. Berikut ini link grup wa nya:

  1. Math Indonesia https://chat.whatsapp.com/LmEZdLcaDO58550sjwZcnz  
  2. Math Zone https://chat.whatsapp.com/DtkEvdeCxxRLDB5MJBv94z  
  3. Matematika community https://chat.whatsapp.com/FdNnBxUnodh8Wi27ZscFte  
  4. Bimbel Bina Jaya https://chat.whatsapp.com/DvGY5UObha5AT399eq0tgH  
  5. Love Matematika https://chat.whatsapp.com/I855ohwUQqf6FYIhHFZrsz  
  6. Belajar matematika https://chat.whatsapp.com/HJxTU1JoOD4DChZFVVbEYO  
  7. Forum tanya jawab MTK https://chat.whatsapp.com/IsqvCJEr8hz4M1FIUJq2rW  
  8. Bahas soal mtk umptkin 2020 https://chat.whatsapp.com/E4fBK1x8rZnL6rKrklxLGk 
  9. Forum tanya jawab matematika https://chat.whatsapp.com/IsqvCJEr8hz4M1FIUJq2rW
  10. Grup wa MATEMATIKA  https://chat.whatsapp.com/CrYbYk9OhPK1G65xCzQARQ 

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang grup wa MATEMATIKA, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Leave a Comment