Link Instagram Dortmund

Link Instagram Dortmund

Link Instagram Dortmund – Ballspielverein Borussia 09 e.V. Dortmund umumnya dikenal sebagai Borussia Dortmund atau disingkat sebagai BVB, adalah klub sepak bola Jerman yang berbasis di Dortmund, Rhine-Westphalia Utara. 

Didirikan pada tahun 1909 oleh delapan belas pemain sepak bola dari Dortmund, tim sepak bola bagian dari sebuah klub olahraga berbasis keanggotaan besar dengan lebih dari 145.000 anggota, membuat BVB klub olahraga dengan keanggotaan terbesar kedua di Jerman. Dortmund bermain di Bundesliga, tingkat teratas sistem liga sepak bola Jerman.

Borussia Dortmund telah memenangkan sembilan kejuaraan Jerman, lima DFB-Pokal, enam DFL-Supercup, satu Liga Champions UEFA, satu Piala Winners UEFA, dan satu Piala Interkontinental. Kemenangan Piala Winners mereka pada tahun 1966 membuat mereka menjadi klub Jerman pertama yang memenangkan gelar Eropa.

Sejak 1974, Dortmund telah memainkan pertandingan kandang mereka di Westfalenstadion, dinamai sesuai dengan wilayah asalnya di Westphalia. Stadion ini adalah yang terbesar di Jerman dan Dortmund memiliki kehadiran rata-rata tertinggi dari setiap klub sepak bola di dunia.

Warna Borussia Dortmund berwarna hitam dan kuning, klub memberikan julukan die Schwarzgelben. Dortmund memegang persaingan lama dengan Ruhr tetangga Schalke 04, yang dikenal sebagai Revierderby. 

Dalam hal tahunan Football Money League Deloitte, Dortmund adalah klub olahraga terkaya kedua di Jerman dan 12 tim sepak bola terkaya di dunia. Dortmund berdiri hari Minggu Advent 19 Desember 1909 dengan nama lengkap Ballspiel-Verein Borussia 1909 e. V. Dortmund. 

Borussia berasal dari nama Preußen (Prussia) nama kerajaan bangsa Jerman. Dikarenakan kata “kerajaan” bersifat feminim secara tata bahasa, maka Prussia menjadi Borussia. Pada zaman itu bermunculan klub-klub dengan nama kedaerahan seperti: Westfalia, Rhenania dan Germania.

BVB berarti Klub Borussia untuk Olahraga Bola. BVB sering dikatakan kepanjangan dari “Ballspiel-Verein Borussia” atau diartikan Borussia club for ball games. Nama Borussia sendiri diambil dari bahasa latin, Prussia. 

Borussia juga sebelumnya dikenal sebagai klub dengan warna biru putih dengan sedikit warna merah di baju, dan hitam untuk celananya. Baru pada tahun 1913 warna hitam kuning diperkenalkan, dan bertahan hingga saat ini.

Pendukung Borussia Dortmund mendapat julukan: Die Borussen (The Borussian), Die Schwarzgelben (The Black Yellows). Sebenarnya warna kebanggaan klub ini pada awalnya adalah Biru Putih dan Merah. 

Namun setelah beberapa klub bergabung seperti: Britannia, Rhenania dan Deutcsche Flagge sebelum Perang Dunia I, maka warna kebanggaan BVB menjadi Kuning Hitam. Schwarzgelben, demikian Borussia Dortmund dijuluki, dibentuk oleh sekelompok orang yang tidak puas dengan gereja yang disponsori Trinity Youth.

Westfalenstadion adalah stadion kandang Borussia Dortmund, stadion terbesar di Jerman dan yang ketujuh terbesar di Eropa. Stadion ini resmi dinamai “Signal Iduna Park” setelah perusahaan asuransi Signal Iduna membeli hak nama stadion hingga tahun 2021.

Mitra iklan utama Dortmund dan sponsor baju saat ini adalah Evonik. Perusahaan asuransi Signal Iduna membeli hak untuk menamai Westfalenstadion Signal Iduna Park hingga 2021. Pemasok peralatan utama adalah Puma sejak musim 2012–2013.

Kontrak ini berlaku hingga 2025. Klub mengumumkan kesepakatan dengan Opel untuk menjadi sponsor pertama kalinya dari musim 2017–2018. 

Selain itu, ada tiga tingkat mitra yang berbeda: BVBChampionPartner mencakup antara lain Opel, bwin, Brinkhoff, Wilo, Hankook, dan EA Sports; BVBPartner termasuk antara lain MAN, Eurowings, Coca-Cola, Ruhr Nachrichten, REWE dan Aral; dan BVBProduktPartner termasuk antara lain ofo, Westfalenhallen dan TEDi.

Sejak 2012, Brixental di Pegunungan Alpen Kitzbühel di Austria juga merupakan sponsor BVB; lebih jauh lagi, wilayah ini adalah tuan rumah dari salah satu kamp pelatihan musim panas tahunan.

Skuat utama Dortmund Per 31 Agustus 2023. 


No.Pos.NegaraPemain1GK  SUIGregor Kobel (Wakil kapten)2DFESPMateu Morey4DFGERNico Schlotterbeck5DFALGRamy Bensebaini6MFTURSalih Özcan7MFUSAGiovanni Reyna8MFGERFelix Nmecha9FWCIVSébastien Haller10MFBELThorgan Hazard11MFGERMarco Reus14FWGERNiclas Füllkrug15DFGERMats Hummels16FWBELJulien Duranville17DFGERMarius Wolf18FWGERYoussoufa Moukoko

No.Pos.NegaraPemain19MFGERJulian Brandt20MFAUTMarcel Sabitzer21FWNEDDonyell Malen23MFGEREmre Can (Kapten)24DFBELThomas Meunier25DFGERNiklas Süle (Kapten ketiga)26DFNORJulian Ryerson27FWGERKarim Adeyemi30MFGEROle Pohlmann31GKGERSilas Ostrzinski32MFGUIAbdoulaye Kamara33GKGERAlexander Meyer35GKPOLMarcel Lotka43FWENGJamie Bynoe-Gittens47DFGERAntonios Papadopoulos

Berikut Link Instagram Dortmund

Link Instagram Dortmund

Link Twitter Dortmund

Demikianlah pembahasan tentang Dortmund beserta link akun sosial medianya. Jika kamu penggemar Dortmund, silakan ikuti akun tersebut, agar kamu tetap update kabar terbaru Dortmund, terima kasih.

Leave a Comment