Grup Wa Ahli Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung

Grup Wa Ahli Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung

Grup Wa Ahli Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung – Pekerjaan insinyur teknik sipil adalah merancang dan mensupervisi pembangunan infrastruktur seperti jalanan, bangunan, terowongan, bandara, bendungan, jembatan, penyimpanan air dan sistem pembuangan kotoran. 

Insinyur/ahli teknik sipil sering bekerja bersama berbagai tim, dimana mereka menggunakan teori dan model bangunan untuk memprediksikan kinerja suatu desain (bangunan). Mereka biasanya menguji suatu desain dalam skala kecil sebelum mulai membangun. 

Dalam mengambil keputusan, mereka harus mempertimbangkan fungsi bangunan, manfaatnya bagi masyarakat, keselamatan pekerja dan anggaran.

Walau jurusan teknik sipil dan teknik arsitektur sama-sama mempelajari bagaimana membangun gedung, terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya. 

Jurusan Teknik sipil mempelajari cara membuat struktur bangunan  yang kokoh dan ekonomis, sedangkan jurusan Arsitektur lebih berfokus pada desain bangunan yang menarik. 

Secara singkat, teknik sipil membuat gambar/desain seorang arsitek menjadi bangunan nyata, dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti fungsi bangunan, keamanan dan ketahanan bangunan, anggaran dan faktor lainnya.

Bagi kalian yang ingin Ahli Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung, kalian wajib kuliah di Teknik Sipil. Karena kalian akan mendapatkan beberapa keahlian seperti di bawah ini :

Kamu juga akan mempelajari beberapa keahlian penting yang dapat dipindahtangankan (transferable skill). Keahlian ini akan mempermudah karir kamu kelak, walau kamu tidak bekerja di bidang teknik sipil:

  • Keahlian teknikal: dasar matematika dan fisika yang kuat membuat lulusan teknik sipil mengerti dengan baik sisi teknis dari suatu konstruksi. Ahli dalam angka dan berhitung menjadikan lulusan teknik siplik tenaga kerja yang menarik di banyak bidang.
  • Keahlian menyelesaikan masalah: mahasiswa teknik sipil dilatih untuk mencari masalah dan solusi dengan cepat. Mereka dituntut untuk menemukan solusi yang praktikal dan bisa diterapkan.
  • Keahlian manajemen proyek dan organisasional: mahasiswa teknik sipil dapat memprediksi dan menghitung anggaran dengan cepat.
  • Keahlian TI: mahasiswa teknik sipil sudah terbiasa dengan berbagai software rumit untuk membantu merancang bangunan, kalkulasi dan lain sebaginya.
  • Kreatif: lulusan teknik sipil harus terus berimprovisasi dan kreatif dalam memberikan solusi. Ide-ide kreatif membuat mereka menghasilkan bangunan yang lebih baik dari sebelumnya.
  • Keahlian komunikasi dan negosiasi: mampu untuk menjelaskan istilah-istilah teknik bagi klien dan anggota tim lainnya.
  • Keahlian bekerja dalam kelompok dan bekerja secara mandiri jika diperlukan.

Untuk Ahli Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung kalian harus memiliki SKK Konstruksi Ahli Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung – Sertifikat kompetensi kerja/ SKK Konstruksi adalah sebuah pengakuan terhadap seorang tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar kompetensi kerja yang dipersyaratkan di bidang konstruksi.

Dengan memiliki sertifikat ini, misalkan sertifikat profesional dari sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) badan resmi dari Pemerintah yang fokus pada program Sertifikasi Kompetensi. 

Bertujuan untuk memastikan seorang tenaga kerja terjalin kredibilitasnya dalam pekerjaan yang diemban dan dipertanggungjawabkan oleh pemilik sertifikat.

Sertifikat kompetensi kerja ini penting dimiliki baik oleh pencari kerja, karyawan ataupun perusahaan. Misalkan untuk pencari kerja dapat meningkatkan kepercayaan diri dan memiliki bukti bahwa kompetensinya telah diakui.

Untuk karyawan yang sudah bekerja dalam sebuah perusahaan dapat meningkatkan jenjang karir dan promosi yang lebih baik. Selain itu, untuk meningkatkan akses berkembang sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.

Tentunya untuk perusahaan juga memberikan dampak baik seperti mengurangi kesalahan dalam bekerja dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, dapat lebih mudah dalam menerima karyawan yang mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.

Dasar Hukum SKK Konstruksi Ahli Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung adalah Surat Edaran No. 02/SE/M/2021 /SE/M/2020. 

Tentang Perubahan atas Surat Edaran Menteri PUPR No 30/SE/M/2020 Tentang Transisi Layanan Sertifikasi Badan Usaha & Sertifikasi Kompetensi Kerja Jasa Konstruksi.

SKK Konstruksi Ahli Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung dibutuhkan sebagai:

  • Penanggung Jawab Badan Usaha (PJBU)
  • Penanggung Jawab Teknis Badan Usaha (PJTBU)
  • Penanggung Jawab Sub Klasifikasi Badan Usaha (PJSKBU)

Grup Wa Ahli Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung

Jika kita membahas Ahli Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung tidak akan ada habisnya, nah kalian berkesempatan bergabung dengan orang – orang ahli dalam Ahli Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung melalui grup wa Ahli Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung.

Di bawah ini nantinya kami akan membagikan link grup Wa Ahli Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung.

Buka Link

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih telah membaca.      

Leave a Comment