Grup WA Ekonomi Syariah

Grup WA Ekonomi Syariah

Grup wa ekonomi syariah merupakan grup yang berisi tentang seputar ilmu ekonomi yang  digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama anggota grup yang membahas tentang ekonomi syariah yang berbasis ajaran agama Islam.

Ekonomi syariah merupakan  salah satu sistem ekonomi yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Cabang ilmu ekonomi syariah ini berlandaskan syariat Islam berdasarkan Al-Qur’an, Hadis, Sunnah, Ijma’, dan Qiyas. 

Sementara menurut Umar Chapra, ekonomi syariah adalah cabang ilmu pengetahuan yang membantu manusia mewujudkan kesejahteraan melalui alokasi dan distribusi berbagai sumber daya sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

Dalam bidang ekonomi dan bisnis, ekonomi syariah cukup berbeda dibandingkan sistem ekonomi konvensional yang biasa kita gunakan pada umumnya. Namun, dilihat dari sudut pandang keilmuan, ekonomi syariah dapat disejajarkan dengan sistem ekonomi kapitalis dan sosialis. 

Ekonomi syariah telah memenuhi persyaratan sebagai sebuah sistem ekonomi. Ekonomi syariah dapat memberikan dampak positif untuk menjaga stabilitas moneter, sistem keuangan dan kesejahteraan masyarakat.

Sistem yang diterapkan oleh ekonomi syariah ini juga sangat meringankan dan memudahkan masyarakat. Dari segi suku bunga, ekonomi syariah ini berlandaskan Syariat islam sehingga tidak menggunakan sistem riba dalam setiap transaksinya.

Selain itu, istilah ekonomi syariah sering dikenal juga dengan istilah ekonomi Islam. Agar pengetahuanmu tentang ekonomi syariah semakin matang mari bergabung dengan grup wa ekonomi syariah. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya ekonomi syariah berlandaskan islam memiliki beberapa karakteristik yaitu sebagai berikut:

  1. Ekonomi ketuhanan. Maksudnya ekonomi yang dijalankan berlandaskan Islam yang bersumber dari wahyu Allah dalam bentuk syariat Islam. 
  2. Ekonomi pertengahan. maksudnya, meskipun ekonomi syariah berlandaskan syariat Islam, ekonomi syariah juga menekankan pada kesejahteraan manusia. Jadi, ekonomi syariah berpandangan bahwa hak individu harus seimbang dengan dunia dan akhirat. 
  3. Ekonomi berkeadilan. maksudnya, ekonomi syariah sangat memperhatikan aspek keadilan bagi semua pihak yang berkaitan.

Link Grup WA Ekonomi Syariah

Grup WA Ekonomi Syariah

Untuk menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman di bidang ekonomi syariah  kamu bisa bergabung dengan grup wa ekonomi syariah.

 Berikut link grup wa yang akan membahas tentang ekonomi syariah kamu bisa klik grup wa ekonomi syariah yaitu:

BUKA LINK

Nah demikianlah ulasan yang membahas tentang grup wa ekonomi syariah, Terima kasih telah singgah, semoga bermanfaat*** 

Leave a Comment