Link Twitter Sule

Link Twitter Sule

Link twitter sule- Sutisna (Sunda) atau yang lebih dikenal secara profesional dengan nama panggung Sule (lahir 15 November 1977), adalah seorang pelawak, pembawa acara, penyanyi, dan aktor berkebangsaan Indonesia.

Sule lahir di Cimahi, Jawa Barat, 15 November 1977 (sementara di surat pengantar nikahnya tertulis Bandung, 15-11-1973).] Ia lahir sebagai anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan Dodo Mulyana (wafat 2017) dan Engkon Komara. 

Ayahnya seorang penjual bakso keliling. Ayahnya selalu membanyol dan membuat para pembeli baksonya tertawa. Bakat melawak Sule berasal dari ayahnya. Kakaknya bernama Iwan Setiawan. 

Sule akrab dipanggil Entis oleh ibunya. Nama Sule merupakan julukan masyarakat kampungnya untuk orang tua yang suka ingusan. 

Sule adalah singkatan dari kata susut lého dalam bahasa Sunda yang berarti ‘mengelap ingus’ dalam bahasa Indonesia. 

Sule, yang pernah dibimbing oleh pelawak senior Kang Ibing ini, sudah memiliki bakat melawak sejak kelas 3 SD. Kala itu, Sule kecil sering tampil di acara Agustus-an

Sule menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Bandung yang kini bernama SMK Negeri 10 Bandung Setelah lulus, ia menikahi Lina Jubaedah tahun 1997 dalam usia 19 tahun. 

Kemudian, ia berkuliah di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung yang kini bernama Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. namun tidak sampai selesai

Sule mengaku dulu, pada saat baru menikahi Lina pada tahun 1997, dia tinggal di rumah kontrakan petak. Penghasilannya dari melawak hanya Rp20 ribu sehari, agar dapurnya bisa tetap ngebul

Sule nyambi menjual jagung rebus keliling kampung, berdagang ayam goreng dan berjualan kebaya di kampus. 

Nekat pergi ke Jakarta belasan tahun yang lalu, Sule mengaku bahwa ia bercita-cita menjadi pembawa acara televisi, sehingga nekat pindah dari Jawa Barat ke Jakarta.

Berbekal keahlian menari, dia mencoba mengadu nasib di ibu kota. Alumnus STSI Bandung ini kemudian berkelana dari satu tempat ke tempat lainnya di Jakarta. 

Kesempatan mengikuti API (Audisi Pelawak Indonesia) di TPI bersama dengan Oni Suwarman dan Obin Wahyudin adalah jalan pintas menuju sukses Sule. 

Tidak sampai setahun setelah berhasil menjuarai Superstar Show, sebuah acara duet selebriti di Indosiar membuat karier Sule pun terus menanjak. Namanya pun masuk ke dalam jajaran pelawak papan atas. Tahun 2009 dan 2010 adalah tahun-tahun keemasan bagi Sule. 

Karirnya mulai bersinar setelah sukses memenangi lomba Audisi Pelawak TPI (API) bersama dengan grup Lawak SOS. Hanya setahun setelah itu, nama Sule mulai diperhitungkan. 

Namanya terus melambung ke jajaran pelawak papan atas, yang penghasilannya melebihi pelawak papan atas yang lain, seperti misalnya Komeng dan sebagainya. 

Penghasilannya bisa mencapai lebih dari Rp 1 miliar per-bulan, yang didapatkan dari beberapa stasiun TV, antara lain hasil dari acara Opera Van Java di Trans7, sinetron komedi Awas Ada Sule di Global TV, dan juga melalui berbagai macam iklan yang dimainkan oleh Sule. 

Opera Van Java adalah salah satu acara televisi yang menghasilkan banyak uang bagi Sule. Dari acara ini, hanya untuk sekali tampil saja, Sule memperoleh penghasilan sebesar Rp 50 juta, atau naik dibanding sebelumnya yang jumlahnya mencapai total sebesar Rp 20 juta – Rp 40 juta. 

Pemilik rambut gondrong dan pirang ini terkenal dengan gaya khasnya, yakni kalau sudah mendengar musik jaipongan, maka ia akan langsung reflek joget, sehingga sering mengundang orang tertawa. Rupanya, gaya khasnya itu lalu menjadi tambahan karakter Sule. 

Dalam tampilan di panggung, Sule juga mempunyai kemampuan blocking yang lumayan. Sule termasuk salah satu pelawak yang punya karakter melucu yang kuat dan unik. Akan tetapi, Sule mengawali naik panggung bukan dengan lawakan, melainkan sebagai pemain musik. 

Meskipun sudah sangat terkenal, namun Sule ternyata masih memendam satu cita-cita, yaitu go international, walaupun dirinya sebenarnya tidak pandai berbahasa Inggris. 

Kendati telah bergelimang harta, namun Sule tidak mau hidup bermewah-mewah dan mengaku ingin tetap hidup sederhana Kini, Sule pun sudah memiliki bisnis di Bandung, Jawa Barat, berupa salon, warnet, toko baju, ponsel, dan studio musik. 

Pria pencetus ucapan “prikitiw” itu dahulu tetap betah menempati tempat tinggalnya yang terdahulu, yaitu sebuah kamar kos di kawasan Jakarta Selatan. Sebagai seorang pelawak, Sule memang tidak ada matinya. 

Ia selalu bercanda dan tertawa lepas pada saat dirinya sedang berada di lokasi shooting, dan sering mengagetkan banyak orang dengan ulahnya yang konyol untuk menghibur. Sule tetap ingat saudaranya, dan membagi-bagi rezeki juga untuk adik-adiknya

Berikut Ini Link Twitter Sule

Sule semakin hari semakin cemerlang. Dia menjadi salah satu pelawak termahal di Indonesia, dengan penghasilannya yang bisa mencapai Rp 1 miliar setiap bulannya. Bagi teman-teman yang masih penasaran tentang sule bisa nih kepoin melalui link twitter ini:

Buka Link Twitter Sule

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang link twitter sule, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Leave a Comment