Grup Wa Jual Beli Tanaman Organik

Grup Wa Jual Beli Tanaman Organik

Grup Wa Jual Beli Tanaman Organik – tanaman organik adalah tanaman yang diproduksi tanpa bahan-bahan non-sintetis atau bahan kimia. 

Pada keseharian, bahan non-sintetis dan kimia yang kerap digunakan dalam menanam meliputi pupuk, pestisida, dan juga berbagai obat-obatan tanam.

Pertanian organik adalah sistem produksi pertanian yang holistik dan terpadu yang mengoptimalkan kesehatan dan produktivitas agro-ekosistem secara alami, sehingga mampu menghasilkan pangan dan serat yang cukup, berkualitas, dan berkelanjutan.

Tanaman organik, sangat erat kaitanya dengan proses menanam. Memilih untuk menanam secara organik di rumah artinya kamu juga harus melakukan proses pertanian organik dalam merawat tanaman tersebut.

Seperti dengan menggunakan pupuk alami (seperti pupuk kompos) dan menghindari penggunaan bahan-bahan kimia seperti pestisida dan sejenisnya.

Berikut beberapa manfaat menanam tanaman organik di rumah :

1. Lebih Ramah Lingkungan

Salah satu keunggulan utama dari tanaman organik adalah sifatnya yang lebih ramah lingkungan. Tanpa adanya penggunaan bahan-bahan kimia, proses menanam tanaman organik tidak akan mencemari tanah, air, dan juga udara. 

Bertani organik akan membawa kesuburan bagi tanaman di sekelilingnya. Rumah pun akan menjadi lebih sehat setelah kualitas tanah, air, dan udara.

2. Menjaga Kualitas Tanah di Taman Rumah

 Penggunaan bahan alami pada tanaman organik seperti pupuk kompos akan membantu perkembangan mikroorganisme yang berfungsi untuk menyuburkan tanah sehingga zat-zat hara alami di tanah tetap terjaga. 

Di samping itu, bahan-bahan kimia pada penanaman anorganik bisa mencemari tanah dan penggunaan yang terus-menerus bahkan bisa merusak tanah sehingga membuatnya tak lagi subur.

3. Kualitas Tanaman Organik yang Lebih Baik

Salah satu alasan mengapa tanaman organik kini sangat diminati adalah kualitas hasil perkebunan yang lebih baik. Pada sayur dan buah-buahan, tanaman organik mampu menghasilkan hasil pertanian yang lebih segar, sehat, dan tahan lama. 

Pada beberapa kasus, sayur dan buah yang dihasilkan dari pertanian organik bahkan memiliki ukuran dan bobot yang lebih baik.

4. Hemat Biaya

Meskipun terdengar lebih merepotkan, proses menanam tanaman secara organik mampu menekan biaya perawatan tanaman. 

Harga pupuk organik cenderung lebih murah dan bahkan bisa kamu buat sendiri dari sisa sampah rumah tangga dengan sisa-sisa makanan dan sayur, kamu sudah bisa menciptakan pupuk kompos untuk menyuburkan tanaman organic.

5. Rumah yang Lebih Segar dan Sejuk

Seperti layaknya tanaman hias pada umumnya, keberadaan tanaman organik di rumah mampu memberikan kualitas hunian yang lebih baik dengan suasana yang lebih sejuk dan udara yang lebih segar. 

Tentu tanpa adanya polusi udara dari bahan kimia yang biasa muncul jika tanaman dirawat secara konvensional.

Setelah penjelasan singka mengenai tanaman organik, tentunya kalian tertarik memiliki atau bagi kalian yang punya tanaman oraganik dan ingn mendistribusikan ke orang lain, kalian bisa bergabung dengan grup wa Jual Beli Tanaman Organik.

Berikut Grup Wa Jual Beli Tanaman Organik

https://chat.whatsapp.com/IJ3pXhbhu0o53YKS0V8MCy

Adapun syarat dari transaksi di grup wa Jual Beli Tanaman Organik ini sebagai berikut : 

khusus untuk pembeli 

1. Pilih Grup wa Jual Beli Tanaman Organik  Tepercaya

Sebelum memutuskan untuk checkout belanjaan online, pastikan kalau toko yang akan kamu beli produknya memiliki reputasi yang baik.

Kedua, kamu juga bisa memastikan tingkat kepercayaan pelanggan dengan melihat ulasan produk dari pelanggan lainnya. 

Simak ulasan satu per satu, terutama ulasan yang meng-upload foto sehingga kamu yakin dengan reputasi toko sekaligus kualitas produk yang akan dibeli. Tidak perlu terburu-buru, yang penting aman.

2. Teliti Deskripsi Produk dan Kebijakan Toko

Jika reputasi toko sudah dipastikan, baca deskripsi produk dengan teliti. Beberapa orang mungkin malas membaca produk deskripsi apalagi yang terlalu panjang, tapi untuk keamanan, selalu lakukan ini.

3. Jangan Langsung Tergiur Harga Murah

Sebelum yakin membeli, periksa dulu harga yang ditawarkan toko dan bandingkan dengan harga di toko lainnya. Pokoknya, jangan langsung tergiur dengan harga murah. 

Waspadai produk dengan harga yang terlalu murah dan jauh dari harga rata-rata di pasaran. Bisa jadi, produk yang ditawarkan adalah produk palsu atau berkualitas buruk.

4. Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Proses jual-beli di era digital bisa dilakukan dengan beberapa cara. Biasanya, brand atau seller memanfaatkan media sosial seperti Instagram untuk menampilkan eksistensi sekalian berpromosi.

Calon pembeli yang tertarik biasanya akan mengirim direct message (DM). Beberapa seller juga memungkinkan proses transaksi jual-beli dilakukan melalui chat DM atau WhatsApp dengan opsi pembayaran ke nomor rekening penjual.

Kamu juga bisa menghindari penipuan transaksi online dengan menggunakan metode cash on delivery (COD) yang memungkinkanmu untuk membayar setelah produk diterima.

5. Simpan Bukti Transaksi

Setelah selesai mentransfer pembayaran, simpan bukti transaksi dengan baik. Ini untuk mengantisipasi kemungkinan jika sewaktu-waktu ada sesuatu yang terjadi di luar perkiraan.

Misalnya, kualitas barang ternyata nggak sesuai dengan yang di deskripsi produk. Jadi, kamu bisa komplain dan mengajukan penggantian atau pengembalian produk, atau mengklaim garansi yang ditawarkan.

6. Jangan Pernah Memberikan Data Pribadi

Saat membaca kebijakan grup wa Jual Beli Tanaman Organik , hindari toko yang menyebutkan bahwa pihaknya dapat memberikan data pribadi kamu ke pihak lain. Misalnya, dari penjual ke supplier.

Selain itu, jangan pernah juga memberikan data pribadi kepada pihak di luar penjual atau marketplace terutama yang berkaitan dengan keamanan, seperti nomor rekening, PIN atau password yang biasa digunakan untuk bertransaksi, dan kode One Time Password (OTP).

7. Pastikan Keamanan Perangkat

Jika mau bertransaksi online, sebaiknya gunakan laptop atau ponsel pribadi. Hindari melakukan transaksi dengan menggunakan perangkat umum atau terkoneksi dengan WiFi publik. 

Sebab, kamu nggak bisa menjamin keamanan perangkat yang bukan milikmu. Ini diperlukan untuk menghindari pencurian data, penyalahgunaan data pribadi, dan kejahatan siber lainnya.

8. Hanya Gunakan Perangkat yang Memiliki Keamanan Mobile Banking Berlapis

Transaksi online hampir selesai ketika kamu akan melakukan pembayaran. Kini mobile banking sangat membantu kamu bertransaksi di mana pun dan kapan pun. 

Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan aplikasi mobile banking paling aman yang akan membuat transaksi semakin aman.

Nah, itulah informasi yang bisa kami bagikan, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih telah membaca.         

Leave a Comment