Pekerjaan Industri Fashion 

Pekerjaan Industri Fashion 

Pekerjaan industri fashion – Industri merupakan proses pengolahan suatu bahan menjadi bahan yang memiliki nilai lebih tinggi dari sebelumnya. 

Kegiatan industri ini bergerak dalam banyak bidang, seperti pada bidang industri kreatif dengan salah satu contoh dari industri kreatif adalah fashionFashion sendiri memiliki arti yaitu gaya atau cara berpakaian yang sedang populer di waktu atau musim tertentu. 

Trend yang ada pada waktu atau musim tertentu memiliki dampak yang sangat besar di dunia fashion karena dapat mengubah gaya berpakaian seseorang pada saat itu. Pengertian dari industri dan fashion ini dapat digabungkan menjadi industri fashion

Industri fashion adalah proses pembuatan suatu gaya berpakaian dari ide-ide kreatif yang ada sehingga dari pembuatan gaya berpakaian tersebut terciptalah suatu trend yang menjadi populer di kalangan masyarakat.

Industri memiliki peran penting dalam dunia fashion dan keduanya memiliki ikatan yang erat. Industri menciptakan barang yang bernilai tinggi dan fashion juga menciptakan gaya berpakaian baru. 

Hadirnya industri kreatif yang menghasilkan baju, celana, tas, dan segala macam produk berpakaian. 

Produk-produk tersebut dapat dijadikan sebuah gaya berpakaian dengan ide-ide kreatif yang ada dan dari ide kreatif tersebutlah lahir sebuah gaya berpakaian yang menjadi unik di kalangan masyarakat yang dapat menjadi sebuah trend baru. 

Ide-ide kreatif mengenai gaya berpakaian juga dapat diciptakan terlebih dahulu setelah itu baru diproduksi. Industri fashion akan terus berkembang seiring dengan perkembangan industri dan fashion-nya itu sendiri. 

Industri fashion sangat fleksibel karena pada waktu atau musim tertentu memiliki karakteristik tertentu juga sehingga sangat bergantung dengan trend yang terjadi pada waktu atau musim di saat itu. 

Industri fashion menciptakan banyak peluang untuk orang-orang menuangkan ide-ide kreatif mereka dengan cara berpakaiannya mereka. Perkembangan teknologi khususnya dalam bidang industri akan membuka peluang lebih besar dalam berkreasi di bidang fashion

Oleh karena itu, kita harus terus berinovasi agar dapat mengembangkan dunia perindustrian, dunia fashion, dan pastinya dunia industri fashion sehingga dunia kita penuh warna dengan ide-ide kreatif dalam berindustri fashion

Jika kamu memang mengaku pecinta fashion, maka coba ketahui dulu apa saja Pekerjaan industri fashion yang bisa kamu coba untukmu berikut ini.

  1. Fashion designer

Bicara salah satu pekerjaan di dunia fashion yang paling populer, tentu fashion designer yang akan muncul pertama kali di benak kita kan? Pekerjaan yang satu ini memang cukup populer dan prospek kariernya juga sangat bagus.

Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya sekolah atau kursus fashion designer yang telah berdiri di Tanah Air.

Seperti yang dijelaskan oleh Indeed, fashion designer memiliki tugas utama yaitu menggunakan kreativitasnya untuk merancang busana dengan gaya terbaru yang sesuai dengan target pelanggannya.

Seorang fashion designer awalnya bisa bekerja di brand pakaian, tapi biasanya mereka juga akan membangun brand-nya sendiri. Selama memiliki kreativitas yang tinggi dan selalu bekerja keras, profesi ini pasti bisa kamu jalani dengan lancar.

  1. Stylist

Selain fashion designerstylist juga menjadi salah satu pekerjaan di bidang fashion yang populer dan digemari banyak anak muda. Tugas utama dari stylist adalah bertanggung jawab untuk memberikan saran mengenai cara berpakaian dan memadukan outfit dengan berbagai cara.

Selain itu stylist juga harus bisa menentukan konsep berpakaian dari kliennya. Itulah mengapa dalam proses pekerjaannya, stylist juga harus tahu seperti apa karakter kliennya sehingga bisa menentukan konsep berpakaian yang sesuai.

WiseBread menjelaskan bahwa seorang stylist juga harus bekerja dengan tim desain hingga fotografer untuk membuat penampilan klien terlihat lebih memukau. 

Biasanya memang stylist bekerja pada sebuah perusahaan brand pakaian dan bekerja untuk mengarahkan gaya dari model saat pemotretan. Namun, kini juga sudah banyak stylist yang bekerja sendiri dan menjadi stylist pribadi selebriti atau tokoh terkenal.

  1. Merchandiser

Merchandiser merupakan salah satu pekerjaan fashion yang sangat berhubungan dengan bisnis. Tanpa merchandiser maka produk fashion akan sulit untuk dikenal dan dijual ke konsumen.

Merchandiser memiliki tanggung jawab untuk memastikan produk fashion selalu tersedia di toko dengan jumlah dan harga yang tepat.

Tidak hanya itu saja, mereka juga perlu menyiapkan strategi pemasaran untuk produk baik itu secara offline (di toko) atau secara online. Seorang merchandiser bisa bekerja sama dengan desainer untuk menghasilkan produk fashion yang menarik bagi pelanggan sehingga penjualan bisa meningkat.

  1. Garment technologist

Pekerjaan di bidang fashion yang satu ini mungkin masih tidak terlalu populer. Namun, garment technologist menjadi salah satu pekerjaan yang penting di industri fashion.

Dilansir dari Drapers Jobs, garment technologist adalah pekerjaan yang inovatif karena bertanggung jawab dalam pengembangan bahan melalui pengujian kombinasi dari benang, tekstil, dan serat.

Jadi, dalam proses pekerjaannya, seorang garment technologist harus melakukan riset untuk mencari material yang bisa digunakan dalam pembuatan produk fashion.

  1. Market researcher

Buat kamu yang memiliki kemampuan analisis yang kuat, maka bisa mencoba profesi yang satu ini. Keberadaan market researcher di dalam industri fashion sangatlah penting. Pasalnya, tanpa profesi ini maka fashion designer tidak akan tahu seperti apa tren mode yang diinginkan oleh konsumen.

Seperti yang dijelaskan oleh The Balance Careers, market researcher memiliki tugas utama mempelajari pasar mode dan mencari tahu jenis pakaian, sepatu, atau aksesori yang diinginkan konsumen.

  1. Fashion journalist

Nah, jika kamu menyukai fashion dan memiliki hobi menulis, maka profesi yang satu ini bisa kamu coba.

Jika selama ini kamu hanya menulis seputar fashion hanya di blog pribadi, cobalah kembangkan bakatmu dengan menjadi fashion journalist.

Umumnya, seorang fashion journalist bekerja di surat kabar, majalah fashion, televisi, atau sebuah media online khusus fashion.

Pekerjaan seorang fashion journalist juga sangat menarik karena mereka akan meliput acara fashion, melakukan wawancara dengan para profesional, dan menyampaikannya pada audience.

  1. Creative director

Profesi creative director sangat diperlukan oleh setiap brand pakaian karena mereka memiliki tugas penting untuk menerjemahkan ide dan konsep menjadi sebuah produk fashion.

Creative director juga memiliki tanggung jawab untuk menentukan tema, model koleksi pakaian, serta warna yang akan digunakan.

Dalam melakukan pekerjaannya, seorang creative director harus melakukan riset tren dan meninjau data penjualan untuk menentukan seperti apa model pakaian yang akan diproduksi.

Selain riset tren, mereka juga harus paham visi misi brand sehingga bisa memberikan pesan kepada konsumen lewat setiap koleksi pakaian yang dibuat.

Bagi kalian yang ingin informasi lebih mengenai Pekerjaan industri fashion, kalian bisa klik link ini:

GABUNG GRUP

Itulah informasi yang bisa kami bagikan, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.  

Leave a Comment