Pekerjaan Industri, Gabung Grup!

Pekerjaan Industri

Pekerjaan Industri- Industri adalah suatu bidang atau kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan pengolahan/pembuatan bahan baku atau pembuatan barang jadi di pabrik dengan menggunakan keterampilan dan tenaga kerja (bahasa Inggris: industrious) dan penggunaan alat-alat di bidang pengolahan hasil bumi, dan distribusinya sebagai kegiatan utama. 

Maka industri umumnya dikenal sebagai mata rantai selanjutnya dari usaha-usaha mencukupi kebutuhan (ekonomi) yang berhubungan dengan bumi, yaitu sesudah pertanian, perkebunan, dan pertambangan yang berhubungan erat dengan tanah. 

Kedudukan industri semakin jauh dari tanah, yang merupakan basis ekonomi, budaya, dan politik. Industri merupakan bagian dari proses produksi dan kegiatan proses produksi dalam industri itu disebut dengan perindustrian. 

Industri dapat juga diartikan kumpulan berbagai perusahaan yang menawarkan produk yang sama. Dengan kata lain, masing-masing produk saling mensubstitusi satu sama lain karena perusahaan menggunakan input yang sama dan menghadapi lebih kurang sekelompok pemasok dan pembeli yang sama juga.

Bidang industri dibedakan menjadi dua, yaitu industri barang dan industri jasa. Industri barang merupakan usaha mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Kegiatan industri ini menghasilkan berbagai jenis barang, seperti pakaian, sepatu, mobil, sepeda motor, pupuk, dan obat-obatan. 

Sementara itu, industri jasa merupakan kegiatan ekonomi yang dengan cara memberikan pelayanan jasa. Contohnya: jasa transportasi seperti angkutan bus, kereta api, penerbangan, dan pelayaran. 

Perusahaan jasa ada juga yang membantu proses produksi. Contohnya, jasa bank dan pergudangan. Pelayanan jasa ada yang langsung ditujukan kepada para konsumen. Contohnya asuransi, kesehatan, penjahit, pengacara, salon kecantikan, dan tukang cukur.

Jenis-jenis industri berikut ini terdapat di Indonesia:

  • Industri primer

Industri primer berfokus pada produksi barang dengan bantuan alam. Ini adalah industri berbasis alam yang membutuhkan sedikit usaha manusia. Misalnya pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, hortikultura, dll sebagai contoh industri non pertambangan.

  • Industri Ekstraktif

Industri Ekstraktif mencakup pengambilan atau pengeluaran kembali barang dari tanah, udara atau air. Pada umumnya produk industri pertambangan dalam bentuk mentah, dan  industri digunakan dalam bidang manufaktur dan konstruksi yang digunakan untuk membuat produk jadi. Misalnya  pertambangan, batu bara, minyak bumi, bijih besi, ekstraksi kayu dan karet dari hutan, dll.

  • Industri sekunder

Industri ini bergerak dalam bidang reproduksi dan pemasaran rempah-rempah nabati dan hewani tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan. Misalnya pembenihan, pemeliharaan sapi, peternakan unggas, peternakan mamalia dll.

  • Industri konstruksi

Industri konstruksi melakukan pekerjaan konstruksi bangunan, jembatan, jalan, bendungan, kanal, dll. Industri ini berbeda dengan industri lain karena produk industri lain dapat diproduksi di satu tempat dan dijual di tempat lain. Tetapi barang-barang yang diproduksi dan dijual oleh industri konstruksi dipasang di satu tempat.

  • Industri manufaktur

Industri manufaktur berkaitan dengan transformasi bahan mentah menjadi produk jadi dengan bantuan mesin dan tenaga kerja. Barang jadi dapat berupa barang habis pakai atau komoditi. Misalnya, industri tekstil,  kimia,  gula, industri kertas, dll.

  • Industri Kuarter

Industri yang menggunakan teknologi tinggi. Orang-orang yang bekerja di perusahaan-perusahaan ini seringkali berkualifikasi tinggi di bidangnya. Perusahaan penelitian dan pengembangan adalah  bisnis yang paling umum di sektor ini, adalah contoh industri menengah.

  • Industri jasa

Saat ini, sektor jasa memainkan peran penting dalam pembangunan negara dan itulah sebabnya disebut sektor jasa. Industri utama dalam kategori ini adalah industri perhotelan, industri pariwisata, industri hiburan dll.

  • Industri Kreatif

Pengertian industri kreatif secara umum adalah segala proses penciptaan, kreativitas, ide dan gagasan seseorang atau kelompok yang nantinya dapat menghasilkan karya atau produk. Industri kreatif  sendiri merupakan gabungan dari dua kata yaitu industri dan kreatif. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, industri mengacu pada pengolahan atau pengelolaan barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, sedangkan kreatif adalah kata sifat yang mencerminkan bahwa orang atau kelompok yang bersangkutan memiliki daya cipta dan kemampuan mencipta.

Teman-teman yang tertarik dengan informasi pekerjaan industri bisa nih bergabung dengan link grup ini teman-teman: Gabung Grup

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Pekerjaan Industri, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Leave a Comment