Grup Wa Kewirausahaan

Grup Wa Kewirausahaan

Grup Wa Kewirausahaan – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kewirausahaan diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan aktivitas wirausaha. 

Wirausaha menurut KBBI sendiri adalah orang yang memiliki kecerdikan dalam mengenali inovasi produk baru, cara produksi baru, aspek operasional untuk produk baru, serta mengatur pemasaran dan pendanaan produk tersebut.

Dengan begitu, wirausaha dapat diartikan sebagai suatu aktivitas dalam mengelola proses bisnis dari produk baru baik itu dari segi proses produksi, pemasaran, hingga pendanaan. Dalam bahasa Inggris, kata kewirausahaan memiliki persamaan arti dengan kata “entrepreneurship”.

Kata entrepreneurship merupakan kata yang berasal dari bahasa Perancis yakni entreprende yang artinya petualang, pencipta, dan pengelola usaha. 

Dapat disimpulkan sebenarnya kewirausahaan adalah suatu aktivitas mengelola sumber daya –pada misalnya sumber daya alam, sumber daya manusia, modal, teknologi dan banyak sumber daya lainnya– untuk mencapai suatu maksud atau tujuan tertentu. 

Beberapa manfaat dari kewirausahaan 

  1. Terbukanya Lapangan Pekerjaan

Dengan berkembangnya kewirausahaan dalam diri maupun suatu kelompok, akan hadir usaha baru pada masyarakat.

Suatu usaha tentunya akan membutuhkan Sumber Daya Manusia untuk dapat berjalan. Munculnya usaha ini akan menimbulkan kebutuhan pekerja sehingga lapangan pekerjaan pun akan terbuka.

  1. Ikut Membantu Pertumbuhan Ekonomi Negara

Kewirausahaan akan mendorong terciptanya bisnis usaha baru sehingga dapat meningkatkan pendapatan negara. Selain itu, terserapnya pekerja melalui usaha baru akan membantu perekonomian masyarakat

  1. Dapat Mengembangkan Cita-Cita dan Usaha yang Disukai

Melalui sifat kewirausahaan, kamu dapat mengembangkan bisnis sesuai dengan bidang yang kamu sukai dan minati. Dengan hadirnya bisnis yang kamu sukai ini, kamu akan juga akan menjalankan bisnis tersebut dengan senang hati.

  1. Dapat Melihat Berbagai Peluang yang Menguntungkan

Ketika berbisnis dan berwirausaha, kamu sangat disarankan untuk melakukan riset mengenai hal apa yang diminati oleh pasar.  

Mengapa demikian? Riset pasar akan membuat kamu mengetahui lebih baik terkait hal yang menjadi tren di masyarakat. Salah satu sifat yang menonjol dari seorang wirausaha adalah dapat memanfaatkan peluang dengan baik.

Konsep-konsep Kewirausahaan

Dalam kewirausahaan terdapat teori mengenai beberapa konsep yang ada dalam kewirausahaan. Kewirausahaan memiliki 5 konsep yakni kelincahan, daya tahan, kecepatan, kelenturan, dan kekuatan. Berikut ini adalah penjelasan dari 5 konsep kewirausahaan.

  1. Kekuatan (Strength)

Konsep kekuatan dalam kewirausahaan dapat diartikan sebagai aspek kondisi fisik yang mampu menyokong kegiatan kewirausahaan. 

Unsur kekuatan ini dianggap merupakan salah satu konsep yang penting karena dengan kekuatan fisik, konsep kewirausahaan lain –seperti kelincahan, kecepatan, dan lain sebagainya– dapat meningkat.

  1. Kecepatan(Speed)

Konsep kecepatan merupakan aspek lain yang tidak kalah penting dalam kewirausahaan. Kecepatan adalah suatu kemampuan dari seseorang untuk dapat bergerak atau melakukan perpindahan dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. 

Walaupun begitu, aspek kecepatan ini tidak hanya terpaku pada aspek gerak fisik saja. Seorang dengan sifat kewirausahaan tinggi akan memerlukan kecepatan berpikir untuk dapat mengembangkan inovasi dan bersaing dengan kompetitor..

  1. Daya tahan (Endurance)

Daya tahan adalah suatu keadaan yang berfokus pada kapasitas kerja yang terjadi secara terus menerus. Konsep ini dianggap penting dalam suatu kewirausahaan karena dengan adanya daya tahan maka perusahaan akan bertahan dari segala gempuran akibat perubahan situasi dan kondisi yang mungkin saja terjadi.

Contohnya saat ini banyak sekali usaha yang terpaksa gulung tikar akibat adanya pandemi. Dengan aspek daya tahan, wirausaha diharapkan mampu memberikan antisipasi akan adanya perubahan tidak terkendali dan mampu mempertahankan usahanya.

  1. Kelincahan (Agility)

Aspek kelincahan merupakan suatu kemampuan seseorang untuk dapat mengubah arah gerakan dengan cepat dan tepat tanpa kehilangan keseimbangan. 

Melalui konsep kelincahan ini, wirausahawan dapat selalu beradaptasi untuk dapat melihat potensi hal baru yang mungkin dapat menimbulkan disrupsi.

Pada contohnya, Kodak, merek kamera film yang sangat sukses pada masanya, nama brand-nya kian meredup setelah maraknya kamera digital. Hal ini terjadi sekiranya karena Kodak kurang lincah dalam beradaptasi dengan temuan baru yang ada pada masyarakat.

  1. Kelenturan (Flexibility)

Kelenturan adalah ketika seseorang dapat menyesuaikan dengan apapun yang terjadi dalam hidupnya. Aspek kelenturan ini juga akan menentukan kemampuan seorang wirausahawan dalam beradaptasi terkait lingkungan bisnis yang tidak terduga.

Grup Wa Kewirausahaan

Bagi kamu yang ingin bergabung silahkan masuk ke grup wa Kewirausahaaan dibawah ini;

Buka Grup WA Kewirausahaan

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Kewirausahaan, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih telah membaca.      

Leave a Comment