Grup WA Metodologi Penelitian

Grup WA Metodologi Penelitian

Grup WA Metodologi Penelitian- Metodologi penelitian adalah suatu cara atau teknik untuk mendapatkan informasi dan sumber data yang akan digunakan dalam penelitian. 

Informasi atau data ini bisa dalam bentuk apa saja, literatur, seperti jurnal, artikel, tesis, buku, koran, dan sebagainya. 

Selain itu, metodologi penelitian bisa juga diperoleh melalui media elektronik seperti televisi atau radio. Bahkan sumber data bisa juga diperoleh dari survei atau wawancara.

Pentingnya metode penelitian dalam sebuah penelitian membuatnya menjadi unsur penting yang tidak boleh dilewatkan. Ternyata metode riset tidak hanya memiliki banyak manfaat dalam menunjang kegiatan penelitian. 

Melainkan juga memiliki beragam tujuan yang berperan penting dalam menjamin kelancaran penelitian. Secara umum, tujuan dari metode penelitian terbagi menjadi dua, yaitu secara umum dan secara praktis.

Metode penelitian memiliki sejumlah tujuan umum antara lain:

  • Untuk memperoleh pengetahuan ataupun penemuan yang belum pernah ditemukan sebelumnya sehingga penelitian memiliki unsur kebaruan atau novelty.
  • Untuk dapat membuktikan data yang sudah didapatkan agar valid dan menghasilkan kesimpulan (hasil penelitian) yang valid juga. 
  • Untuk menguji kebenaran mengenai data yang telah didapatkan.
  • Untuk mengembangkan pengetahuan yang sudah ada sebab ilmu pengetahuan perlu terus dikembangkan agar bisa menjawab tuntutan zaman.
  • Tujuan Penelitian Secara Teoritis. 

Jenis-Jenis Metodologi Penelitian

Dikutip dari beberapa sumber, metodologi penelitian dibagi menjadi delapan, yaitu metode kualitatif, metode kuantitatif, metode deskriptif, metode eksperimental, fenomenologi, survei, metode grounded, dan etnografi.

  1. Metode Kualitatif

Metode kualitatif adalah salah satu jenis metodologi penelitian yang di mana dalam penerapannya menggunakan data-data yang berasal dari hasil riset yang kemudian dianalisis. 

Dalam hal ini, hasil riset bisa berasal dari wawancara, pengisian kuisioner, dan suatu poling. Oleh sebab itu, metode kualitatif merupakan metode yang berasal dari sudut pandang partisipan.

  1. Metode Kuantitatif

Metode kuantitatif adalah metode penelitian yang sumber datanya diambil melalui sampel yang bersifat matematis. Oleh karena itu, metode kuantitatif selalu identik dengan hitung menghitung dan selalu berkaitan dengan angka.

  1. Metode Deskriptif

Metode deskriptif adalah metode penelitian yang berkaitan dengan menulis terutama dalam membuat suatu deskripsi. Dengan kata lain, metode ini merupakan suatu metode yang bentuknya berupa bahasa dan kalimat deskriptif. 

Meskipun begitu, dalam menggunakan metode ini perlu juga dilakukan riset dan pengambilan sumber data yang valid.

  1. Metode Eksperimental

Metode eksperimental adalah metode penelitian yang berasal dari suatu eksperimen. Meskipun begitu, dalam menggunakan metode ini perlu juga untuk melakukan observasi data terlebih dahulu. 

Biasanya metode ini digunakan untuk mencari sebab akibat dari suatu perilaku dari suatu data yang telah diobservasi

  1. Fenomenologi

Fenomenologi adalah metode penelitian yang digunakan untuk membahas dan menganalisis suatu fenomena tertentu. 

Oleh karena itu, sumber data yang digunakan pada jenis metodologi penelitian ini adalah suatu analisis yang telah dilakukan pada penelitian sebelumnya serta subjek yang sudah mengalami suatu fenomena.

  1. Survei

Survei adalah jenis metodologi penelitian yang digunakan untuk mengetahui dan menganalisis suatu perilaku pada subjeknya. 

Pada umumnya, data dari metode ini berupa wawancara atau kuesioner, sehingga data yang dihasilkan lebih sering berupa angka. Oleh karena itu, metode ini juga sering dibilang kalau datanya bersifat kuantitatif.

  1. Metode Grounded

Metode grounded adalah metodologi penelitian yang sering dipergunakan untuk melakukan penelitian atau riset pada bidang sosiologi. 

Dengan metode ini, maka hasil penelitian sosiologi bisa lebih jelas, sehingga isinya sangat kompleks tetapi tetap mudah dipahami.

  1. Etnografi

Etnografi adalah salah satu jenis metodologi penelitian yang lebih sering digunakan pada penelitian yang berkaitan dengan perilaku atau tindakan sosial seseorang. 

Dengan metode ini, peneliti akan melakukan penelitian secara detail dan tanpa rekayasa atau bisa dibilang sesuai dengan data-data yang sudah diperoleh

Link Grup WA Metodologi Penelitian

Grup WA Metodologi Penelitian

Bagi teman-teman yang ingin lebih tahu tentang metodologi penelitian bisa nih masuk grup wa metodologi penelitian

Gabung Grup WA Metodologi Penelitian

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang grup wa metodologi penelitian, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Leave a Comment