Grup wa Office Communication Skills

Grup wa Office Communication Skills

Grup wa Office Communication Skills–  Keterampilan komunikasi adalah apa yang kita gunakan untuk terhubung dengan orang lain, baik kita berbicara dalam percakapan dengan mereka atau menulis email kepada mereka. 

Di tempat kerja, keterampilan komunikasi membantu Anda berkolaborasi dengan anggota tim, berbagi informasi, dan memecahkan masalah secara efisien. Komunikasi pada dasarnya adalah minyak yang membuat bisnis apa pun berjalan lancar.

Jika Anda berada di perusahaan yang suportif dan semua orang tahu apa yang sedang terjadi, apa tujuan bisnis dalam kaitannya dengan tujuan jangka panjang dan pendek, dan yang lebih penting, alasannya, Anda memiliki tempat terbaik untuk bekerja.

Dengan komunikasi yang baik di tempat kerja, staf merasa terlibat dan antusias, serta merasa menjadi bagian dari sesuatu. 

Mereka bekerja tanpa perlu dikelola secara mikro, dan mereka memberikan ide dan solusi, karena mereka tahu bahwa ide dan solusi tersebut akan didengar dan ada kemungkinan besar apa yang mereka sarankan akan diimplementasikan.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan Anda adalah dengan memberi contoh. Apakah seorang profesor mengirimi Anda email yang menurut Anda mudah dibaca? 

Apakah rekan kerja memberi Anda masukan yang jelas dan dapat ditindaklanjuti? Identifikasi jenis keterampilan komunikasi yang Anda kagumi dan tunjukkan mengapa Anda menyukainya. 

Ada tiga jenis keterampilan komunikasi utama: verbal, nonverbal, dan tertulis. 

  1. Komunikasi lisan

Anda menggunakan keterampilan komunikasi verbal ketika Anda berbicara dengan orang lain dengan suara keras, baik secara langsung atau dalam pertemuan virtual. Contoh komunikasi verbal antara lain:

  • Mempresentasikan temuan proyek kepada pemangku kepentingan
  • Memediasi konflik antara dua anggota tim
  • Berbagi pembaruan tentang alur kerja Anda dalam rapat tim

2. Komunikasi nonverbal

Komunikasi nonverbal adalah cara Anda berkomunikasi dengan orang lain saat Anda tidak sedang berbicara, termasuk bahasa tubuh dan ekspresi wajah. Contoh komunikasi nonverbal di tempat kerja meliputi:

  • Mendengarkan rekan kerja secara aktif membagikan ide barunya
  • Mencondongkan tubuh dan menganggukkan kepala ketika manajer Anda mengatakan sesuatu yang Anda setujui 
  • Menjaga kontak mata dengan manajer perekrutan selama wawancara

3. Komunikasi tertulis

Anda menggunakan keterampilan komunikasi tertulis saat menulis sesuatu di tempat kerja — baik itu email, pesan Slack, atau obrolan di Zoom. Contoh keterampilan komunikasi tertulis yang baik meliputi:

  • Meringkas catatan rapat dalam pembaruan Slack yang singkat dan ringkas
  • Menegosiasikan titik harga dalam email dengan klien
  • Menguraikan alur kerja baru dengan jelas dalam dokumen untuk dibagikan dengan tim Anda

Link Grup wa Office Communication Skills

Grup wa Office Communication Skills

Bagi teman-teman yang tertarik dengan office communication skills, bisa nih bergabung dengan grup ini:

Gabung Grup

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang grup wa Office Communication Skills, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Leave a Comment