Grup wa Teknisi Akuntansi Yunior

Grup wa Teknisi Akuntansi Yunior

Grup wa Teknisi Akuntansi Yunior- Profesi teknisi akuntansi berfungsi membantu tugas akuntan dalam mengolah data transaksi suatu entitas sampai dengan menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan. 

Laporan keuangan sangat berguna bagi para pengguna dalam proses pengambilan keputusan bisnis. 

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. 

Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.

Teknisi Akuntansi adalah adalah teknisi yang memiliki kompetensi untuk menjadi tenaga pelaksana pembukuan pada dunia usaha, lembaga pemerintah dan lembaga lainnya.

Seorang teknisi akuntansi, lebih sering disebut atau akuntansi petugas pembukuan, yang dipekerjakan oleh perusahaan untuk mencatat memproses dan membuat laporan keuangan.

Teknisi Akuntansi yang profesional adalah teknisi akuntansi yang yang sudah memenuhi standar kompetensi yaitu: Pencapaian kompetensi profesional pada awalnya memerlukan standar pendidikan umum yang tinggi, diikuti oleh pendidikan khusus, pelatihan dan ujian profesional dalam subjek-subyek yang relevan, dan pengalaman kerja. 

Hal ini harus menjadi pola pengembangan yang normal untuk anggota.Kompetensi harus dipelihara dan dijaga melalui komitmen untuk belajar dan melakukan peningkatan profesional secara berkesinambungan selama kehidupan profesional anggota.

Pemeliharaan kompetensi profesional memerlukan kesadaran untuk terus mengikuti perkembangan profesi akuntansi, termasuk diantaranya pernyataan-pernyataan akuntansi, auditing dan peraturan lainnya, baik nasional maupun internasional yang relevan. 

Seorang teknisi akuntansi harus menerapkan suatu program yang dirancang untuk memastikan terdapatnya kendali mutu atas pelaksanaan jasa profesional yang konsisten dengan standar nasional dan internasional

Ruang lingkup skema sertifikasi teknisi akuntansi yunior. 

  1. Ruang lingkup skema sertifikasi okupasi teknisi akuntansi yunior digunakan untuk seluruh entitas bisnis dan perorangan.
  2. Lingkup penggunaan skema sertifikasi ini adalah menerapkan prinsip praktik profesional dalam bekerja di bidang akuntansi.

Tujuan sertifikasi teknisi akuntansi yunior 

  1. Memastikan dan memelihara kompetensi Tenaga Kerja dalam proses entry jurnal, buku besar penyusunan laporan keuangan, mengoperasikan paket program pengolah angka dan mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi.
  2. Sebagai acuan dalam melakukan sertifikasi kompetensi kerja di Lembaga Sertifikasi Profesi Akuntansi Triatma dan asesor kompetensi.
  3. Memastikan penerapan prinsip praktik profesional dalam bekerja di bidang akuntansi, penerapan praktik- praktik kesehatan dan keselamatan di tempat kerja, 

Pemprosesan entry jurnal, pemprosesan buku besar, penyusunan laporan keuangan, pengoperasian paket program pengolah angka/spreadsheet, dan pengoperasian aplikasi Komputer Akuntansi.

Link Grup wa Teknisi Akuntansi Yunior

Grup wa Teknisi Akuntansi Yunior

Bagi teman-teman yang tertarik dengan teknisi akuntansi yunior bisa nih bergabung dengan grup

Gabung Grup

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang grup wa Teknisi Akuntansi Yunior, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Leave a Comment