Grup Wa Perbandingan Hukum Tata Negara

Grup Wa Perbandingan Hukum Tata Negara

Grup wa perbandingan hukum tata negaraPerbandingan Hukum Tata Negara adalah mata kuliah pilihan yang membahas tentang perbandingan hukum tata negara di berbagai negara dengan melakukan analisis dan perbandingan terhadap berbagai dimensi yang ada dalam hukum tata negara suatu negara dengan negara lainnya. 

Perbandingan dapat dilakukan terhadap dua negara atau lebih. Perkuliahan ini tidak hanya membahas perbedaan tetapi juga persamaan hukum tata negara di berbagai negara. 

Diskusi dalam perkuliahan ini terutama juga membandingkan bagaimana hukum tata negara di Indonesia dengan hukum tata negara di negara lain. 

Perkuliahan ini membekali mahasiswa dengan ilmu berupa penguasaan pengetahuan yang komprehensif tentang pengertian dan pemahaman akan perbedaan antara hukum tata negara suatu negara dikomparasikan dengan hukum tata negara di negara lainnya, 

baik dari sudut kelembagaan, kewenangan, serta asal kewenangan yang diperoleh. Tujuan dari perbandingan hukum tata negara ini adalah untuk memperoleh penjelasan mengenai hal tertentu dan mencari jalan keluar tentang hal tertentu. 

Perbandingan hukum tata negara adalah suatu metode yang digunakan untuk mendapatkan informasi, kejelasan mengenai sistem pemerintahan negara yang diperbandingkan serta jalan keluar dari persoalan yang serupa. 

Dalam mata kuliah ini mahasiswa dibekali ilmu berupa penguasaan pengetahuan tentang mengerti dan memahami ruang lingkup perbandingan hukum tata negara, obyek, tugas, serta hubungannya dengan ilmu negara dan ilmu hukum tata negara positif, 

serta faktor-faktor yang menyebabkan adanya bermacam-macam bentuk atau sistem ketatanegaraan, kedudukan ilmu perbandingan hukum tata negara, struktur ketatanegaraan pada umumnya, pola ketatanegaraan. 

Sehingga dengan penguasaan tersebut, untuk selanjutnya mahasiswa akan memiliki keahlian dasar untuk menjalankan profesi hukum dengan keterampilan khusus berupa kemampuan untuk menjelaskan perbedaan hukum tata negara di berbagai negara melalui beberapa dimensi yang ada di dalamnya, 

serta mampu melakukan kajian atau analisis lebih mendalam lagi mengenai isu-isu perbandingan hukum tata negara.

Selain keterampilan khusus, dengan mengikuti mata kuliah ini mahasiswa juga belajar keterampilan umum berupa: kemampuan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, 

dan inovatif dalam konteks pengembangan implementasi ilmu pengetahuan yang diperoleh dari materi yang disampaikan dalam mata kuliah perbandingan hukum tata negara. 

Dengan pemahaman dan penguasaan pengetahuan berikut kemampuan akan keterampilan khusus dan umum, 

dalam mata kuliah ini mahasiswa juga belajar untuk mengembangkan kemampuan soft skill nya berupa sikap: 

1) menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan moral dan etika; 

2) berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila; 

3) bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; 

4) taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; 

5) menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; 

6) menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Link Grup Wa Perbandingan Hukum Tata Negara

Grup Wa Perbandingan Hukum Tata Negara

Bagi teman-teman yang ingin lebih lanjut tentang perbandingan hukum tata Negara bisa nih bergabung dengan grup ini:

Gabung Grup

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang grup wa perbandingan hukum tata negara, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Leave a Comment