Grup Wa Asisten Manajer Bahasa Jepang Untuk Hotel

Grup Wa Asisten Manajer Bahasa Jepang Untuk Hotel

Grup Wa Asisten Manajer Bahasa Jepang Untuk Hotel – Bahasa Jepang adalah bahasa yang digunakan oleh penduduk Asia Timur terutama negara Jepang seagai bahasa ibu para masyarakat di sana. 

Ada pun Bahasa Jepang masih memiliki satu rumpun dengan bahasa Mandarin.  Bahasa Jepang sendiri mendapatkan peringkat ke-sembilan yang banyak gunakan di dunia selain bahasa Inggris atau pun Mandarin. 

Bahasa Jepang sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu Hiragana, Katakana dan Kanji yang ketiga unsur tersebut tidak bisa dipisahkan dan memiliki fungsi masing-masing.

Pertama, Hiragana. Hiragana merupakan tulisan yang sangat umum di kalangan penuturnya. Terdiri dari 46 karakter yang mereka terbagi dari vokal a, i, u, e, dan o dan konsonan. 

Bentuk mereka terlihat seperti bundar dan memiliki fungsi sebagai pertanda kata sifat dan kata kerja, menulis kata-kata yang tidak bisa ditulis dengan Kanji, dan sebagai furigana yang merupakan alat bantu dalam membaca kanji dalam sebuah wacana atau pun kalimat.

Selanjutnya adalah katakana. Katakana sendiri hampir seperti Hiragana yang terdiri dari 46 karakter dan membentuk tulisan seperti sudut yang tajam, fungsinya mereka ini adalah sebagai adaptasi tulisan Inggris ke dalam tulisan mereka sendiri yang umumnya seperti nama negara atau pun nama orang asing. Seperti サンキュー (sankyuu) yang berarti terimakasih, atau pun negara Amerika (アメリカ).

Selain Hiragana dan Katakana, ada juga Kanji yang merupakan bagian terpenting dari bahasa Jepang karena satu kanji mewakili beberapa arti yang tergantung dari penggunaannya sendiri. 

Kanji sendiri merupakan diadaptasi dari sistem penulisan bahasa Mandarin, yang akhirnya Kanji Jepang merupakan gabungan dari kanji tradisional Mandarin dan kanji sederhana Mandarin. 

Untuk membaca satu wacana atau artikel dalam sebuah koran, seseorang perlu mengingat setidaknya sekitar 2000-2500 kanji agar mengerti semua konteks yang ada pada wacana itu.

Asisten manager adalah seseorang yang membantu kinerja dari seorang manajer. Kinerja yang dimaksud adalah mencakup berbagai macam pekerjaan dari seorang manajer.

Seorang asisten manager harus bisa menggantikan pekerjaan seorang manajer. Posisi ini menjadi tangan kanan dari seorang manajer. Ini membuat seorang asisten manager dituntut memiliki kemampuan kepemimpinan saat harus menggantikan manajer. 

Tidak hanya membantu pekerjaan manajer, asisten manager juga bertugas membantu atasan dengan jabatan yang lebih tinggi lainnya. Selain itu, asisten manager juga dituntut untuk dapat mengelola para staf bawahan. asisten manager biasanya terdapat di perusahaan baik swasta maupun kedinasan, hotel, restoran, dan perusahaan yang bergerak di bidang bisnis, dan pabrik.

Tugas Asisten Manager

  1. Memastikan operasional perusahaan berjalan baik

Tugas asisten manager pertama adalah memastikan operasional perusahaan di bawah tanggung jawab manajer berjalan dengan baik. Pengelolaan operasional ini akan diberikan kepada asisten manager dengan arahan manager. 

2. Menyusun rencana dan strategi bersama manager

Tugas berikutnya asisten manager adalah menyusun rencana dan strategi perusahaan bersama manager. Misalnya manager di posisi pemasaran, maka diharuskan untuk menyusun rencana dan strategi pemasaran guna meningkatkan skala perusahaan.‍

3. Mendukung kinerja manager

Ruang lingkup pekerjaan manajer termasuk mengelola karyawan, keuangan, operasional dan lainnya, Tugas yang banyak ini membuat perusahaan besar sering memiliki beberapa manager. Bila perusahaan berskala kecil, tanggung jawab asisten manajer termasuk:

  • Merekrut karyawan baru.
  • Membangun lingkungan kerja yang nyaman.
  • Membuat strategi pengembangan kinerja karyawan. 
  • Memonitor dan membuat evaluasi kerja karyawan.
  • Membuat perencanaan kegiatan operasional.
  • Pengawasan sistem keuangan perusahaan.
  • Memantau pembuatan anggaran tiap departemen, biaya operasional dan sumber daya manusia dan alam.
  • Berkomunikasi baik dengan karyawan dan klien.

4. Membangun komunikasi yang baik

Asisten manager adalah perantara komunikasi antara karyawan dan atasan. Posisi ini bertanggung jawab memastikan karyawan tetap nyaman berada di lingkungan kantor dengan mendengarkan dan mengomunikasikan apa yang mereka rasa dan inginkan. 

Oleh karena itu, seorang asisten manager harus mudah bergaul, ramah, dan dapat berkomunikasi dengan baik dengan atasan maupun bawahan.

5. Membantu manajer jika berhalangan hadir

Tugas asisten manager yang terakhir adalah menjadi pengganti atau wakil manajer saat tidak dapat menghadiri aktivitas tertentu, seperti rapat atau pertemuan dengan klien. Meski demikian, asisten manager tetap harus mendapat persetujuan dulu dari manajer apabila perlu mengambil keputusan.

Skill yang harus dimiliki oleh asisten manager

Dalam mengemban tugas-tugas yang terbilang cukup berat, Anda diharuskan untuk mengetahui keahlian-keahlian yang dibutuhkan dalam posisi ini. Tidak hanya sekadar tahu, tetapi Anda juga wajib menguasainya. Berikut adalah beberapa keahlian yang harus dimiliki asisten manager.

1. Kepemimpinan

Salah satu tugasnya adalah menggantikan manajer untuk memimpin beberapa staf yang ada di bawahnya. Dalam mengemban tugas tersebut, tentu Anda harus memiliki skill leadership. Dengan menguasai keahlian ini, diharapkan implementasi dari tugas tersebut berjalan baik sesuai ekspektasi.

2. Problem solving

Berlandaskan alasan atas tugas-tugas yang diemban, salah satu keahlian yang harus dimiliki adalah problem solving. Hal ini sangat berguna ketika terdapat suatu permasalahan yang harus diatasi saat itu juga. Anda sebagai pengganti manajer harus bisa mengambil keputusan dengan bijak dan tepat sasaran.

3. Penguasaan software

Penguasaan software adalah keahlian yang juga harus dimiliki oleh seorang assistant manager. Pasalnya, saat melakukan analisis dan menulis laporan, ia membutuhkan beberapa software seperti Microsoft Office Word dan Excel.  

4. Time management

Posisi ini juga mengharuskan para pelakunya untuk bisa membagi waktu dengan baik. Seluruh tugas harus maksimal dan tidak boleh ada yang terlewat. Tentu penyelesaiannya juga harus dilakukan tepat waktu.

5. Komunikasi

Komunikasi adalah kunci terjalinnya suatu hubungan yang baik. Sebagai perantara antara staf dan pimpinan, pelaku posisi ini harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Tujuannya, agar segala pesan tersampaikan dengan baik. Selain itu, ia juga harus menerjemahkan arahan pimpinan dalam bentuk yang lebih sederhana.

Silahkan Bergabung Dengan Grup Wa Asisten Manajer Bahasa Jepang Untuk Hotel

Demikianlah pembahasan mengenai grup wa asisten manajer Bahasa Jepang untuk hotel. Semoga bisa bermanfaat dan selamat bergabung.

Leave a Comment