Grup Wa Sistem Komunikasi

Grup Wa Sistem Komunikasi

Grup Wa Sistem Komunikasi – Semua komunikasi bisa saja berjalan melalui apapun dengan adanya kemajuan teknologi. 

Jika bicara tentang sistem komunikasi bisa dibilang kalau hal itu berupa suatu perangkat lunak yang memang dibuat atau dirancang guna menyampaikan informasi dari lokasi yang satu ke lokasi lainnya atau dari individu ke individu atau dari individu ke kelompok. 

Sistem komunikasi bisa mengirimkan informasi berupa bentuk teks, grafik, suara atau tampilan video. Maka dari itu, saat ini, sistem komunikasi yang digunakan oleh banyak orang sangatlah beragam

Pengertian Sistem Komunikasi Menurut Para Ahli

1. Gregory Bateson

Menurut Gregory Bateson, sistem komunikasi adalah bagaimana proses interaksi menciptakan struktur sistem, bagaimana orang merespon satu sama lain menentukan jenis hubungan yang mereka miliki. Gregory adalah penemu teori yang biasa kita kenal sebagai komunikasi relasional.

Ia mengatakan bahwa dalam berkomunikasi peserta komunikasi menyampaikan suatu pesan yang memuat makna mendua dan hubungan komplementaris atau simetris. 

Pesan bermakna mendua yaitu pesan yang memuat isi pesan dan pesan memuat hubungan sedangkan hubungan komplementer adalah satu bentuk perilaku diikuti oleh perilaku lawannya yang bersifat melengkapi.

2. Aubre Fisher

Menurut Aubre Fisher, sistem komunikasi dimulai dengan perilaku seperti komentar verbal dan aksi-aksi non verbal sebagai unit terkecil dari analisis dalam sistem komunikasi. 

Perilaku-perilaku yang dapat diobservasi ini adalah kendaraan satu-satunya untuk menghubungkan individu dalam suatu sistem komunikasi. Kemudian fisher percaya bahwa aliran pembicaraan ini sendirinya mengatakan sedikit tentang sistem komunikasi.

Dengan penjelasan di atas, maka sistem komunikasi juga bisa dikatakan sebagai seperangkat hal-hal tentang proses penyampaian pesan yang berhubungan satu sama lain dan membentuk suatu keseluruhan layak nya suatu sistem.

Selain itu, sistem komunikasi adalah sekelompok orang yang berpedoman dan media yang melakukan suatu kegiatan mengolah, menyimpan menuangkan ide, gagasan, simbol, lambang menjadi pesan dalam membuat keputusan untuk mencapai satu kesepakatan untuk mengolah pesan menjadi sumber informasi.

Macam-Macam Sistem Komunikasi

Selain membahas pengertian, di sini juga akan dibahas tentang macam-macam sistem komunikasi. Apa saja macam-macam sistem komunikasi? Berikut ini adalah macam-macam sistem komunikasi:

1. Sistem Komunikasi Diagonal

Sistem komunikasi diagonal merupakan jalur komunikasi yang penggunaanya bisa dikatakan langka. Namun, dalam beberapa kondisi, komunikasi ini bisa menjadi sangat penting. 

Adapun contoh dari komunikasi ini adalah komunikasi dalam kantor seperti penyedia keuangan bermaksud menyusun analisis biaya distribusi.

2. Sistem Komunikasi Vertikal

Sistem komunikasi vertikal adalah sistem komunikasi yang terjadi dan berlangsung dari atas maupun dari bawah. 

Contoh dari komunikasi ini adalah ketika seorang manajer melakukan komunikasi kepada para bawahannya berdasarkan jenjang hierarki dari yang lebih tinggi ke jenjang yang lebih rendah, sebaliknya dari seorang bawahan kepada manajer baik secara langsung maupun tertulis.

3. Sistem Komunikasi Horizontal

Komunikas ini terjalin antara seseorang atau kelompok orang yang memiliki hierarki yang sama atau setara. Contoh yang bisa diambil adalah ketika komunikasi antar divisi atau teman sebaya.

Fungsi Sistem Komunikasi

Pada dasarnya, fungsi utama dari sistem komunikasi adalah menghubungkan informasi dari individu atau kelompok yang lokasinya berbeda. 

Namun, terdapat juga beberapa fungsi lain dari sistem komunikasi. Apa saja fungsi sistem komunikasi? Berikut ini adalah fungsi-fungsi dari stem komunikasi.

1. Fungsi Transmisi

Fungsi transmisi adalah untuk mengirim data dan informasi dari satu pihak ke pihak lainnya.

2. Fungsi Interface

Fungsi interface adalah hubungan antara dua perangkat kertas atau dua sistem komputer yang merupakan titik dimana dua sistem saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

3. Fungsi Routing

Fungsi routing dapat dikatakan sebagai menyampaikan pesan yang benar kepada penerima yang benar.

4. Fungsi Pengolahan

Fungsi pengolahan adalah menyampaikan pesan yang benar kepada penerima yang benar.

5. Fungsi Editorial

Fungsi editorial dapat dikatakan sebagai fungsi pengecekan kemungkinan adanya kesalahan, format dan editing.

6. Fungsi Konversi

Fungsi konversi adalah fungsi yang mengatur kecepatan dan kode dari satu peralatan ke peralatan yang lainnya.

Berikut Link Grup Wa  Sistem Komunikasi 

Jika kalian ingin bergabung dengan grup wa  Sistem Komunikasi, kalian bisa klik link ini  (https://chat.whatsapp.com/FXrSVvOPLJb0bdXzJ77OnA) dengan bergabung grup ini kalian akan mendapatkan informasi lebih banyak mengenai sistem komunikasi.

Nah, itulah informasi yang bisa kami bagikan, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih telah membaca.        

Leave a Comment