Graphic Designer, JOin Grup!

Graphic Designer

Graphic Designer – Graphic designer merupakan seseorang yang terlibat langsung dalam pembuatan desain, baik untuk konten marketing, packaging, dan tujuan lain yang dikehendaki perusahaan. 

Namun, umumnya graphic designer menjadi bagian dari tim marketing. Seorang graphic designer juga biasanya terlibat langsung dalam tim branding perusahaan. Itulah mengapa pembuatan desain suatu konten bisa membutuhkan waktu lama. 

Desain yang dibuat tidak boleh sembarangan karena harus mampu mencapai tujuan pembuatannya, misalnya untuk menyebarkan informasi, persuasi, dan sebagainya. Jadi, walaupun memang proses pembuatan desain melibatkan lebih banyak kreativitas, apa itu graphic designer tidak hanya dibutuhkan di perusahaan industri kreatif, melainkan perusahaan dari segala industri.

Graphic designer (desainer grafis) merupakan sebuah pekerjaan menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion baik untuk penerbit maupun media cetak dan elektronik. 

Seorang graphic designer bertanggung jawab atas tampilan pada media promosi suatu produk. Tugasnya menyampaikan informasi mengenai suatu produk secara menarik dengan mengakomodasi keinginan klien. 

Graphic designer tidak hanya bisa berkarier di media, tapi bisa juga di berbagai industri terutama industri jasa (telekomunikasi, periklanan, fotografi, pendidikan, konstruksi, teknologi informasi) maupun industri manufaktur (tekstil, garmen, mode, otomotif, elektronik). 

Graphic designer juga berperan dalam memecahkan masalah yang timbul di lingkup tertentu lewat iklan layanan masyarakat. Menjadi seorang graphic designer tidak harus jago menggambar, tapi sebaiknya memiliki kemampuan dasar menggambar supaya mudah dalam menuangkan ide-ide kreatif ke dalam bentuk visual. 

Selain itu, kemampuan menggunakan graphic software juga diperlukan untuk menunjang pembuatan ilustrasi. Kalau kamu ingin menjadi desainer grafis tentu kamu harus akrab dengan software Adobe Photoshop. 

Peran dan Tanggung Jawab Graphic Designer

  • Memadukan unsur seni, visual, dan bahasa dalam sebuah desain untuk menyampaikan suatu pesan.
  • Membuat desain yang komunikatif dan mudah dipahami dari tampilan visualnya.
  • Menyampaikan pesan dengan cara yang unik dan kreatif, misalnya dengan mengangkat fenomena yang terjadi di masyarakat.
  • Melakukan pendayagunaan elemen desain, layout, dan proses teknis, sehingga tercipta karya desain grafis yang sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan.
  • Memberikan solusi atas suatu permasalahan yang timbul dalam ruang lingkup tertentu, seperti lewat iklan layanan masyarakat.
  • Mengikuti perkembangan zaman agar inovasi desain yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan zaman.

Tugas Graphic Designer

Terdapat sejumlah pekerjaan yang wajib dilakukan seorang graphic designer. Tidak hanya bertanggung jawab dalam membuat desain untuk sebuah konten atau produk, orang yang berada di posisi ini juga memiliki sejumlah tugas sebagai berikut.

  • Membuat Pedoman Terkait Logo dan Materi Branding

Seorang graphic designer biasanya bertanggung jawab dalam membuat logo perusahaan. Seperti yang diketahui, tiap komponen pada sebuah logo memiliki arti dan maknanya sendiri. 

Graphic designer memastikan bahwa tiap komponen dalam desain logo yang dibuatnya memang merepresentasikan arti tertentu. Dalam pembuatan logo ini, graphic designer juga perlu menyesuaikannya dengan nilai-nilai perusahaan.

  • Menentukan Warna dan Jenis Font yang Akan Digunakan 

Apa itu graphic designer juga kerap berurusan warna dan jenis font yang akan digunakan perusahaan di setiap desain, mulai dari logo, kemasan produk, konten marketing, dan sebagainya. 

Nantinya, font dan warna ini menjadi bagian identitas perusahaan sehingga dapat mudah dikenali konsumen. Hal ini bisa kita lihat dari Facebook yang identik dengan warna biru atau Blogspot dengan warna oranye.

  • Meninjau Kesalahan dan Melakukan Revisi Konten Visual

Graphic designer juga perlu jeli dalam menemukan kesalahan dari konten visual yang dibuatnya. Dari sinilah dia dapat melakukan perbaikan atau revisi sebelum konten dirilis ke target pasar. Hal ini bertujuan agar citra perusahaan dapat terjaga baik dan strategi branding bisa berjalan sesuai rencana.

  • Berkolaborasi dengan Tim Kreatif untuk Menghasilkan Konten Visual

Dalam menghasilkan konten visual, graphic designer perlu berkoordinasi dengan tim kreatif. Hal ini bertujuan agar desain dapat sesuai dengan strategi marketing yang telah dibuat. Jadi, dapat tercipta konsistensi sehingga pesan yang disampaikan ke target konsumen pun bisa lebih kuat.

  • Menyajikan Konsep Desain kepada Klien atau Calon Investor

Seorang graphic designer juga wajib menyusun konsep desain dari suatu produk atau materi apa pun untuk dipresentasikan kepada klien maupun calon investor. Desain yang dibuat harus sangat meyakinkan karena klien maupun calon investor biasanya hanya tertarik dengan desain menjanjikan dan dianggap dapat bersaing di pasar.

Skill dan Kualifikasi Graphic Designer

Selain mengetahui apa itu graphic designer, kini saatnya kamu mengetahui kualifikasi yang harus dimiliki oleh orang-orang di posisi ini.

  • Menguasai Aplikasi Desain Grafis

Seorang graphic designer harus menguasai aplikasi atau software desain grafis untuk membantunya dalam bekerja secara cepat dan tepat. Beberapa aplikasi desain yang biasanya digunakan oleh para graphic designer adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Figma.

  • Kreatif

Pekerjaan graphic designer juga menuntut Anda untuk menjadi orang yang kreatif dan selalu berpikir di luar batas imajinasi. Hal itu terjadi karena graphic designer harus memikirkan konsep desain unik yang belum banyak digunakan kompetitor. 

Dengan begitu, desain yang dihasilkan akan memiliki identitas tersendiri dan dapat dikenali dengan cepat oleh calon konsumen. 

  • Terbuka dengan Masukan

Orang yang bekerja di posisi ini juga harus selalu terbuka dengan masukan. Hal itu terjadi karena desain yang dibuat tetap harus berpedoman pada strategi dan tujuan perusahaan. Sehingga, graphic designer tidak dapat membuat desain semaunya sendiri.

  • Kemampuan Analisis Tinggi

Kualifikasi lain yang dituntut dari seorang graphic designer adalah analisis. Apa itu graphic designer dituntut untuk selalu peka dengan kebutuhan dan tren yang sedang berkembang di masyarakat. 

Hal itu dapat Anda jadikan bahan pertimbangan untuk dimasukkan ke dalam desain yang akan dibuat. Dengan begitu, hasil desain konten visual pun bisa relevan dengan target konsumen.

Link grup wa graphic designer:

Get Graphic Designer Work

Itulah detail pembahasan tentang graphic designer. Semoga bermanfaat untuk kita semua, sekian terima kasih.

Leave a Comment