LInk Grup WA Pekerjaan Kandidat Wanita

Pekerjaan Kandidat Wanita

Pekerjaan Kandidat Wanita – Menarik talenta wanita dan membangun lingkungan kerja yang inklusif adalah tujuan utama sumber daya manusia (SDM) organisasi-organisasi besar dan mengapa tidak? Beberapa manfaat yang melekat dalam menarik pekerja wanita mungkin dimulai dari keberagaman gender, namun tidak berakhir di situ.

Studi menunjukkan bahwa organisasi yang mempraktikkan praktik terbaik perekrutan keberagaman gender lebih disukai sebagai perusahaan dan tempat kerja oleh generasi milenial dan Gen Z.

Dalam hal produktivitas dan keuntungan, memiliki tenaga kerja yang inklusif akan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika memiliki strategi perekrutan wanita bisa sangat bermanfaat bagi organisasi Anda.

  • Cara Menarik Lebih Banyak Kandidat Wanita

Sebelum Anda dapat mengajak karyawan wanita ke meja wawancara, Anda perlu membuat mereka melamar ke lowongan pekerjaan Anda. Bahkan jika Anda memiliki proses wawancara yang tidak memihak yang disiapkan oleh laki-laki dan perempuan yang sudah sadar dalam perekrutan.

Anda mungkin mengirimkan sinyal yang beragam kepada kandidat perempuan melalui iklan pekerjaan Anda dan kriteria seleksi awal. Anda dapat memperbaikinya dengan menerapkan praktik berikut.

  • Membangun Merek Perusahaan yang Inklusif

Merek perusahaan Anda memainkan peran utama dalam menarik bakat . Meskipun cara ini berlaku untuk kedua jenis kelamin, kemungkinan besar Anda akan menarik lebih banyak pelamar perempuan jika Anda memiliki citra perusahaan yang inklusif.

Promosikan keberagaman gender di tempat kerja dan jika Anda telah mencapai keseimbangan yang tepat, wakilkan hal tersebut di situs web dan platform sosial Anda. Bagikan kisah sukses wanita dalam posisi kepemimpinan di organisasi Anda dan komunikasikan betapa aman dan berorientasi pada pertumbuhan budaya Anda.

  • Membuat Iklan Pekerjaan yang Netral Gender

Tindakan selanjutnya adalah memastikan bahwa iklan lowongan Anda ditulis dengan benar. Teks iklan secara tidak sadar dapat menjadi spesifik gender dengan menyertakan kata ganti seperti “dia atau mereka”. Kalimat-kalimat tertentu juga dapat disusun sedemikian rupa sehingga memberi isyarat kepada pelamar perempuan bahwa perusahaan Anda hanya mencari talenta laki-laki.

Kembangkan teks iklan yang lebih netral gender untuk iklan pekerjaan Anda dan ujilah dengan audiens target Anda sebelum menjalankan iklan.

  • Memanfaatkan Sumber Perekrutan yang Ditargetkan

Kumpulan bakat tertentu seperti situs rekrutmen yang dirancang untuk perempuan atau perguruan tinggi perempuan dapat membantu Anda mengisi jalur rekrutmen Anda dengan talenta perempuan berkualitas.

Meskipun Anda tidak harus mencari kandidat dari sumber-sumber ini secara eksklusif, Anda dapat menyiapkan beragam sumber rekrutmen untuk menemukan talenta terbaik sesuai kebutuhan Anda.

  • Pertahankan Deskripsi Pekerjaan “To the Point”

Kandidat perempuan didorong untuk melamar lowongan pekerjaan yang mereka yakini 100%. Jika mereka menemukan persyaratan pekerjaan yang berbeda dari keahlian yang mereka miliki, mereka akhirnya tidak melamar. Hal ini tidak terjadi pada kandidat laki-laki!

Dengan mengingat kesenjangan perilaku ini, cobalah untuk mengembangkan deskripsi pekerjaan yang tepat sasaran dan berikan penekanan pada keterampilan yang “harus dimiliki” dan “bagus untuk dimiliki”. Cantumkan hanya aspek-aspek pekerjaan yang berkontribusi terhadap KPI dan sangat penting bagi keberhasilan pekerjaan.

  • Komunikasikan Manfaat yang Relevan bagi Wanita

Iklan pekerjaan dan situs web perusahaan Anda harus menonjolkan fasilitas dan manfaat yang relevan bagi kandidat perempuan . Ini bisa berupa pekerjaan jarak jauh, pengaturan waktu yang fleksibel, fasilitas penitipan anak di tempat, cakupan layanan kesehatan, atau inisiatif SDM lainnya yang mungkin telah Anda ambil untuk karyawan wanita Anda.

Dengan menyoroti manfaat tersebut, Anda mengomunikasikan komitmen masa depan terhadap pembangunan tempat kerja yang inklusif dan menunjukkan kepada calon pelamar bahwa Anda menjalankan apa yang dicita-citakan.

  • Cantumkan Kebijakan Gaji dan Informasi Gaji Anda:

Kesenjangan upah berbasis gender merupakan sebuah ancaman nyata, dan para kandidat perempuan menyadari keberpihakan ini bahkan ketika mereka melamar untuk mendapatkan peluang yang besar. Dengan mengomunikasikan informasi gaji dalam lowongan pekerjaan, Anda dapat membangun transparansi dan integritas dalam proses rekrutmen.

Anda juga dapat mengomunikasikan kebijakan gaji terperinci di situs web Anda untuk menekankan komitmen Anda terhadap kesetaraan gaji.

Cara Mempekerjakan Lebih Banyak Wanita

Dengan terjawabnya pertanyaan mendasar tentang bagaimana mendapatkan lebih banyak pelamar wanita untuk memasuki jalur rekrutmen Anda, Anda sekarang harus menyiapkan praktik yang dapat mendorong perekrutan yang lebih inklusif.

  • Otomatiskan Penyaringan Kandidat untuk Menghilangkan Bias

Tahap awal penyaringan kandidat sering kali penuh dengan bias pribadi—sebuah masalah yang dapat Anda atasi dengan menggunakan alat cerdas untuk mendukung keputusan perekrutan dan mengotomatiskan prosesnya.

Anda dapat melakukan tahap penyaringan awal secara anonim dan melakukan penilaian dengan bot atau alat untuk meminimalkan bias gender.

  • Gunakan Panel Wawancara yang Tidak Memihak dan Beragam

Wawancara tatap muka, virtual, dan telepon akan tetap menjadi bagian besar dari proses rekrutmen Anda. Meskipun Anda telah menyaring kandidat berdasarkan prestasi, langkah ini dapat menimbulkan bias laten dalam keputusan perekrutan.

Untuk menghindari hal ini, buat dan gunakan panel wawancara yang cukup mewakili setiap gender dan cenderung mengarah pada perekrutan yang inklusif.

  • Terapkan Proses Wawancara Terstruktur

Semakin banyak struktur dan kepatuhan yang Anda terapkan dalam proses rekrutmen, semakin setara pengalaman yang dimiliki setiap kandidat di organisasi Anda, maka kumpulan bakat Anda akan semakin inklusif.

Untuk melakukan hal ini, terapkan proses wawancara terstruktur yang mengandalkan putaran wawancara yang telah ditentukan sebelumnya, metrik penilaian, dan rubrik komprehensif untuk menilai kompetensi kandidat.

  • Latih Manajer Perekrutan Anda untuk Sensitivitas

Bias manusia dapat menyelinap ke dalam proses perekrutan Anda meskipun Anda sudah berusaha sebaik mungkin. Oleh karena itu, saat Anda menyusun dan mengotomatisasi elemen proses rekrutmen, Anda juga harus ingat untuk menyadarkan manajer perekrutan Anda.

Latih mereka untuk menghindari bias dan menangani diskusi kandidat secara terbuka dan sensitif. Intervensi seperti ini akan memperkuat citra Anda sebagai perusahaan pilihan bagi semua gender.

Pekerjaan yang dulunya terkesan cowok, tapi sekarang mulai digeluti para wanita

  • Supir/Driver

Sekarang jangan kaget kalau ngeliat supir angkutan umum/bus wanita. Profesi ini juga banyak digeluti kaum hawa dengan skill menyetir yang nggak kalah cekatan. PT TransJakarta bahkan sudah sangat terbuka bagi para wanita yang ingin mendaftar sebagai supir armadanya.

Kalau kamu sering naik atau order makanan pakai ojek online, driver wanita juga sudah banyak ditemukan di sepanjang jalan. Jadi, wanita yang sudah mengantongi izin mengemudi dan sehat secara fisik maupun mental juga punya kesempatan menjajal profesi yang satu ini.

  • Pilot

Pilot dulunya juga identik dengan pekerjaan laki-laki. Wanita hanya sering terlihat sebagai pramugari. Tapi sekarang ini, pilot wanita juga sudah mulai bermunculan. Yang sempat viral di media sosial yakni Athira Farina, pilot perempuan yang sudah punya lebih dari 3000 jam terbang di usianya yang terbilang muda.

Gaji pilot di Indonesia juga terbilang tinggi, karenanya banyak orang baik laki-laki maupun perempuan yang bercita-cita menggeluti profesi ini.

  • Atlet sepakbola

Olahraga yang satu ini sudah sangat kental dengan sosok laki-laki, apalagi kalau bukan sepak bola. Stamina dan teknik yang dibutuhkan juga sangat tinggi. Sudah banyak atlet sepakbola perempuan berprestasi di berbagai belahan dunia yang permainannya nggak kalah seru.

  • Petugas keamanan

Petugas keamanan atau satpam juga identik dengan kaum pria, pekerjaan yang membutuhkan fisik yang kuat dan ketegasan ini, sekarang sudah banyak digeluti wanita. Mungkin kamu juga sudah bertemu dengan satpam perempuan di beberapa pusat perbelanjaan, perkantoran, bank maupun perumahan.

Dengan ketegasannya satpam perempuan bertugas melindungi dan menjaga keamanan di wilayah untuk memastikan setiap pengunjung merasa aman ketika berkegiatan.

  • Pembalap

Pembalap merupakan salah satu hobi yang juga bisa dijadikan sebagai profesi. Dan biasanya para pembalap baik motor maupun mobil dikendarai oleh laki-laki. Di Indonesia sendiri, pembalap perempuan yang terkenal diantaranya ada Sabrina Sameh, Diandra Gautama, Raya Kitty dan masih banyak lagi

Perempuan-perempuan ini pastinya sudah dibekali dengan teknik mengemudi yang profesional, serta keberanian untuk menghadapi berbagai tantangan dan medan lintasan yang berbeda.

Perempuan sejatinya bisa mengambil berbagai peran dalam bidang pekerjaan. Sebagai perempuan kamu juga harus bisa membuktikan kompetensi dan profesionalitas yang tinggi ketika bekerja dimanapun dan sebagai apapun.

Link grup wa pekerjaan kandidat wanita:

Gabung Grup

Demikianlah detail pembahasan mengenai pekerjaan kandidat wanita. Semoga bisa berguna untuk kita semua, sekian terima kasih.

Leave a Comment