Komunitas Ruang Guru SD Indonesia

Ruang Guru SD Indonesia

Ruang Guru SD Indonesia – Guru SD ( Sekolah Dasar) adalah seorang pendidik yang bertanggung jawab dalam mengajar siswa-siswa di tingkat pendidikan dasar (SD/MI) dalam berbagai mata pelajaran seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan lain-lain. 

Seorang guru sekolah dasar harus memiliki kualifikasi pendidikan dan keterampilan yang memadai dalam mengajar anak-anak pada tingkat usia ini.

Mereka bertanggung jawab dalam menyampaikan materi pelajaran dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, serta membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial dan akademik mereka. 

Selain itu, guru sekolah dasar juga berperan sebagai pembimbing dan pengasuh dalam membantu siswa menghadapi masalah dan kesulitan dalam belajar maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, guru sekolah dasar memiliki peran penting dalam membentuk karakter, mengembangkan potensi, dan membimbing siswa dalam meraih prestasi yang lebih baik. 

Guru SD merupakan seorang pengajar yang ditugaskan di SD/sederajat sebagai guru kelas. Ketika bertindak sebagai guru kelas, kamu akan mengajar berbagai mata pelajaran mulai dari Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Matematika, bahkan semua mata pelajaran. 

Meskipun demikian, ada juga sekolah yang memiliki guru khusus untuk mengampu mata pelajaran tertentu seperti Agama, Olahraga, dan Bahasa Inggris. Sebagai guru SD, bisanya nanti Quipperian juga bisa mendapat tugas tambahan sebagai wali kelas. 

Di samping itu, guru SD menjalankan tugas dengan membuat rencana pengajaran, mengajar, dan memberikan panduan hidup. Tugas guru SD cukup bervariasi seperti pengamatan pelajaran, pembuatan bahan ajar, penilaian terhadap hasil ujian, dan pembimbingan acara sekolah.

Pt Ruang Raya Indonesia (Ruangguru) adalah perseroan terbatas yang bergerak di bidang pendidikan nonformal yang didirikan menurut dan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia.

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Kami telah memiliki lebih dari 22.000.000 pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.

Ruangguru juga telah memenangkan sejumlah penghargaan di dalam dan luar negeri, termasuk Solver of MIT, Atlassian Prize,UNICEF Innovation to Watch,Google Launchpad Accelerator, dan ITU Global Industry Award.

Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk sektor teknologi konsumen di Asia. 

Di tahun 2019, mereka mendapat penghargaan sebagai Emerging Entrepreneur dari Ernst & Young. Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan pendidikan dan saat ini telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna terdaftar. 

Ruangguru didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses dibawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia. 

Ruangguru telah dipercaya oleh 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia. Ruangguru juga menjadi salah satu aplikasi terpopuler di Indonesia Google Play User’s Choice Award 2018.

PT Ruang Raya Indonesia, melakukan bisnis sebagai Ruangguru, adalah sebuah perusahaan rintisan digital asal Indonesia yang bergerak di bidang pendidikan nonformal. Ruangguru menawarkan platform komputer pembelajaran berbasis kurikulum sekolah melalui video tutorial interaktif oleh guru dan animasi di aplikasi ponsel dan komputer. 

Perusahaan ini didirikan oleh Belva Devara dan Iman Usman pada April 2014. Pada tahun 2021 Ruangguru dinobatkan menjadi perusahaan paling inovatif peringkat 25 di dunia dan peringkat 2 dalam kategori pendidikan oleh Fast Company. 

Ruangguru mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dari East Ventures di tahun 2014 dengan nilai yang tidak disebutkan. Sebelumnya, Ruangguru menjalankan sistem pendanaan sendiri atau bootstrap. 

Pada tahun 2015, Ruangguru berhasil menggalang pendanaan Seri A senilai lebih dari Rp13 miliar. Pendanaan dipimpin oleh Venturra Capital yang merupakan modal ventura milik Lippo Group. 

East Ventures, investor sebelumnya juga berpartisipasi dalam seri pendanaan yang dimaksudkan untuk memperluas bisnis dengan melakukan diversifikasi layanan serta meningkatkan sumber daya manusia perusahaan ini.

 Pada 5 Juli 2017, Ruangguru mengkonfirmasi telah mendapatkan pendanaan seri B yang dipimpin oleh modal ventura milik bank asal Singapura yaitu UOB Venture Management. 

Tidak disebutkan berapa nilai investasi yang dikucurkan dalam seri pendanaan ini, tetapi menurut Dealstreet Asia, nilainya mencapai US$7 juta (Rp93 miliar). Ruangguru menggunakan dana ini untuk memperkuat konten edukasi, teknologi, hingga pemasarannya. 

Selain dari modal ventura, Ruangguru juga mendapatkan pendanaan dari dana hibah. Pada Mei 2017, Ruangguru mendapat hibah dari Groupe Speciale Mobile Association (GSMA) melalui program Ecosystem Accelerator Innovation Fund dengan nilai yang tidak disebutkan. 

Pada 25 September 2017, Ruangguru berhasil memenangkan tiga penghargaan dalam ajang SOLVE Challenge yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Massachusetts (MIT). Ruangguru kemudian mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Australia melalui Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia dan Atlassian Foundation International. 

Keberhasilan Ruangguru dalam kompetisi global yang diikuti 103 negara tersebut diraih melalui ide Digital Bootcamp yang membantu anak putus sekolah melalui bimbel daring agar dapat lulus SMA dan memperoleh pekerjaan yang layak. 

Pendanaan yang didapatkan Ruangguru digunakan untuk melakukan proyek percontohan (pilot project) program tersebut pada sekitar 600 pelajar. Pada Mei 2018, Ruangguru mendapatkan hibah putaran kedua dari program ini yang digunakan untuk mengembangkan konten-konten kesiapan kerja.

Beberapa produk unggulannya berikut ini.

  • Ruang Belajar

Ruang Belajar menawarkan video belajar beranimasi, latihan soal dan rangkuman berbentuk infografis serta tryout persiapan ujian. Platform ini tersedia untuk semua jenjang pendidikan, dari kelas 1-6 SD, 7-8 SMP, 10-12 SMA IPA dan IPS, SMK, siswa ujian SBMPTN, hingga kalangan umum bisa menggunakan ruang belajar.

Di ruang belajar terdapat puluhan ribu video belajar beranimasi yang diajarkan oleh Master Teacher terbaik untuk memudahkan siswa memahami setiap materi. Videonya juga dapat di-download dan ditonton melalui HP dan komputer. 

Siswa juga akan diberi kuis untuk menguji pemahaman akan materi yang telah ditonton, lengkap dengan pembahasannya. Kamu juga dapat mengakses ribuan latihan soal mulai dari PTS, PAS, UN, dan UTBK. Soal dapat di-download dan di-print. 

Tak ketinggalan, rangkuman dari setiap materi disajikan menarik secara visual dan dapat di-download.

  • Brain Academy Online
  • Ruangguru Privat

Guru di Ruangguru Privat merupakan guru lulusan universitas ternama di Indonesia dan luar negeri. Semua guru telah melewati serangkaian proses rekrutmen yang ketat dan memiliki pengalaman mengajar sesuai dengan bidangnya. Ruangguru juga selalu merekomendasikan guru privat yang telah diseleksi secara khusus.

Kamu bisa belajar apa saja sesuai dengan mata pelajaran yang kamu butuhkan. Mulai dari mata pelajaran sekolah nasional dan internasional, mata kuliah universitas, bahasa asing, IELTS, TOEFL, olimpiade, mengaji, hingga kelas umum lainnya.

  • roboguru

Roboguru adalah robot yang dapat menjawab soal latihan Ujian Nasional (UN) dan SBMPTN. Semua dapat menggunakan roboguru hanya dengan men-download dan log in di aplikasi Ruangguru.

  • roboguru plus

Roboguru plus merupakan layanan belajar di Ruangguru yang menghubungkan kamu langsung dengan tutor berpengalaman. Kamu bisa berkonsultasi melalui chat tentang soal pelajaran yang kamu rasa sulit untuk dikerjakan sendiri. 

Kamu bisa selesaikan soal tersebut secara praktis, seru, asyik, dan pastinya kamu bisa akses roboguru plus di mana dan kapan saja.

roboguru plus adalah bantuan tercepat untuk menjawab soal sulitmu. Kurang dari 3 menit, langsung dapat tutor terbaik dari Ruangguru hanya dengan membeli satu koin. Layanan aplikasi belajar ini dapat diakses selama 24 jam penuh setiap hari. 

Kirim soal dan tulis pertanyaan, lalu kamu dapat terhubung dengan tutor melalui chat. Layanan ini tersedia untuk SD, SMP, dan SMA dengan mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi/Akuntansi, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

  • ruangkelas

ruangkelas dari Ruangguru merupakan layanan sistem kelola pembelajaran jarak jauh untuk mendukung kegiatan belajar mengajar guru dan murid secara daring. Di ruangkelas, siswa dan guru juga bisa mengakses materi belajar berkualitas dari Ruangguru seperti video belajar beranimasi, bank soal, dan rangkuman berinfografis. 

Guru dapat mengakses ruang kelas di website menggunakan desktop/laptop, sementara siswa dapat mengakses ruang kelas di aplikasi Ruangguru menggunakan smartphone.

Berbagai fitur di ruang kelas memungkinkan guru untuk mengajar kapanpun dan dimanapun. Guru dapat memberikan materi, tugas, menilai pekerjaan siswa, berdiskusi dengan siswa hingga mengajar lewat live teleconference.

Link Grup atau Komunitas ruang guru SD Indonesia

Demikianlah detail informasi mengenai ruang guru SD Indonesia. Semoga bermanfaat untuk kita semua, sekian terima kasih.

Leave a Comment