Komunitas Olahraga Di Medan

Komunitas Olahraga Di Medan

Komunitas Olahraga Di Medan – Komunitas lari di Medan dapat diikuti untuk menjaga semangat dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Pasalnya, berolahraga akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama.

Dikutip dari buku Olahraga Lari untuk Pemula oleh Majella Setyawan, olahraga lari merupakan aktivitas fisik ketika seseorang berlari untuk meningkatkan kebugaran fisik, menguji daya tahan, maupun berkompetensi.

Berikut ini beberapa komunitas lari dan lainnya yang dapat diikuti di Kota Medan:

  • IRun Medan

iRun Medan merupakan komunitas lari yang didirikan pada Desember 2015. Perkembangan komunitas ini sangat pesat hingga pada Februari 2017 berhasil mendirikan cabang di Kota Medan. Bagi komunitas ini, berlari bersama akan meningkatkan motivasi tersendiri.

Komunitas iRun Medan memiliki jadwal berlari yang teratur seperti komunitas lainnya. Komunitas ini juga kerap mengikuti berbagai acara nasional hingga internasional. Tak hanya berlari, komunitas ini juga mengadakan acara tertentu bagi setiap anggotanya. Mulai dari berdiskusi hingga melakukan kegiatan sosial bersama.

  • Indorunners Medan

Komunitas lari di Medan berikutnya adalah Indorunners Medan. Komunitas satu ini menggelar berbagai kegiatan dengan tujuan menyebarkan olahraga lari supaya diminati lebih banyak kalangan masyarakat. 

Bagi komunitas ini, lari menjadi cara paling mudah untuk menjaga kesehatan. Secara rutin, Indorunners Medan mengadakan aktivitas lari setiap pekan. 

Dalam satu minggu, agenda lari dijadwalkan tiga kali yakni pada Selasa, Kamis, dan Minggu. Lokasinya pun berbeda-beda yakni di Lapangan Benteng, Hermes Palace Polinia, dan Lippo Plaza.

Komunitas satu ini juga rutin mengikuti berbagai event yang diadakan di luar kota maupun negeri. 

Setiap tahunnya, beberapa anggota Indorunners Medan mengikuti Bali Maraton serta Kuala Lumpur Maraton. Meskipun sudah berdiri sejak 2018, namun komunitas ini terbuka lebar bagi pemula hingga profesional.

  • Street Workout Medan

Olahraga salah satu kebutuhan manusia untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Saat ini trend olahraga sangat digemari berbagai kalangan masyarakat. Terlihat dari ramainya tempat olahraga atau arena olahraga khususnya saat hari libur.

Buat skorer yang memikirkan biaya bergabung masuk gym untuk berolahraga, street workout adalah solusi. Dengan melakukan street workout, Skorer bisa memiliki badan yang kencang, perut sixpack, serta jaringan pertemanan yang bertambah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Akhir-akhir ini, street workout atau calisthenics workout sedang populer khususnya di kalangan remaja. Salah satu komunitas street workout yang akan dibahas kali ini adalah Street Workout Medan.

Menurut Reza Aries, Street Workout Medan berawal dari tahun 2018. Tujuan utama pembentukan komunitas ini agar Kalistenik di kota Medan semakin berkembang.

“Berawal dari minat olahraga yang sama, para anggota saling kenal, latihan dan berkumpul di sarana olahraga umum yg ada di daerah kami (Jasdam, Medan),” kata Reza Aries kepada Skor.id.

“Awal mulanya sekitar tahun 2018 kami memutuskan membentuk komunitas street workout Medan agar kalistenik di kota Medan lebih maju berkembang dan lebih dikenal lagi bagi masyarakat luas,” dia menambahkan.

Kalistenik sendiri adalah sebuah bentuk latihan yang terdiri dari berbagai gerakan sederhana, berirama yang pada umumnya dilakukan tanpa menggunakan peralatan atau alat.

Komunitas ini memiliki anggota sekitar 30-an orang. Namun karena kesibukan beberapa anggotanya hanya separoh yang aktif.

“Untuk keanggotaan sebenarnya banyak sekitar 30, tapi karena aktivitas dan kegiatan anggota yang membuat personel aktif sampai sekarang sekitar 10-15 orang,” kata Reza.

Komunitas Street Workout Medan mengelar latihan rutin setiap harinya. Mereka membagi dua kegiatan rutinya Kegiatan daily practice (17.00-selesai) dan coaching (Senin- Jumat 17.00-18.00).

Untuk tempat latihan SW Medan biasanya berlokasi di Jalan Beringin 1 No. 8/48. Komunitas ini juga rutin menggelar gathering atau kolaborasi dengan komunitas streetworkout di Sumetera. Mereka juga akan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi di tahun 2022 nanti.

“Untuk bergabung dengan komunitas ini, bisa langsung menghubungi instagram kami di @streetworkoutmedan atau langsung datang ke lokasi latihan,” kata Reza.

  • Connected By Running (komunitas lari) dan Tennis Seventeen (komunitas tennis lapangan) 

Tren olahraga di Indonesia semakin meningkat di tahun 2024. Tidak terkecuali di Kota Medan, dua komunitas olahraga yakni Connected By Running (komunitas lari) dan Tennis Seventeen (komunitas tennis lapangan) membuat acara kerja sama.

Dua komunitas tersebut menggaungkan healthy lifestyle sambil menjalin pertemanan dan relasi dengan membuat acara Approach Distance di Jalan Abdullah Lubis No.44 Medan, Minggu (23/6) lalu. Kegiatan ini merupakan acara olahraga bersama lintas komunitas yang digawangi dua komunitas tersebut.

Acara ini sukses diikuti lebih dari 100 peserta yang terdiri dari anggota masing- masing komunitas dan peserta dari umum. Dimulai dengan kegiatan lari bersama sejauh 5 km, lalu pendinginan dan sarapan bersama, dilanjutkan dengan donor darah serta ramah tamah antarkomunitas.

Acara juga diisi dengan games dan ditutup dengan dokumentasi bersama. Tidak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan oleh dukungan beberapa sponsor yang memberikan bingkisan seperti Kahf dan Entrasol serta voucher cuci sepatu dari HK ShoesCleaning. 

Tak lupa hiburan music dengan penampilan DJ dari Feby Putri. Seperti diketahui Connected by Running adalah komunitas lari yang masih baru di Kota Medan. 

Terbentuk pada tanggal 6 April 2024 dikarenakan kebiasaan olahraga bersama kawan-kawan yang kemudian sepakat untuk membentuk komunitas pertemanan yang lebih sehat melalui olahraga lari.

Tak butuh lama, hanya dalam waktu tiga bulan komunitas ini berhasil memiliki anggota lebih dari 50 orang. Meskipun baru seumur jagung tapi tak menyurutkan niat dari komunitas ini untuk menggaungkan hidup lebih sehat dengan membuat acara lintas komunitas untuk berlari bersama.

Sementara itu, Tennis Seventeen adalah komunitas tennis lapangan di Medan. Sebagai sebuah komunitas, mereka welcome untuk siapa saja yang ingin memulai olahraga Tennis Lapangan.

Salah satu member Connected By Running (CBR), Amri menyampaikan rasa Syukur kegiatan lintas komunitas pertama tersebut bisa sukses digelar. “Kami berterima kasih dukungan dari kawan-kawan semua membuat segalanya bisa terealisasi. 

Di dalam olahraga kita mengajak kawan-kawan semua untuk berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah. Di sini Kita sama-sama berolahraga dan sama-sama belajar, mencapai performa terbaik. Sehat Kita dapat, silaturahmi kita raih,” ujarnya.

Pihaknya juga membuka lebar pintu kebersamaan dalam berolahraga dari semuanya. Sementara Haris Alfa dari Tennis Seventeen juga mengatakan hal yang sama. 

“Kami sangat apresiasi sekali atas acara olahraga bersama yang dilakukan, mudah-mudahan semangat kebersamaan dan silaturrahmi yang dibangun bersama teman-teman Connected By Running bisa dijaga selalu. 

Dan acara positif seperti ini bisa terus dilanjutkan,” ujarnya. Ia berharap ke depan acara-acara seperti ini bisa mendapat dukungan sponsor lebih banyak lagi, agar semakin banyak orang yang ikut baik dari member komunitas itu sendiri maupun masyarakat umum.

  • One Royal Club (1RC)

Beda dari yang lain, One Royal Club (1RC) merupakan Fitness Club yang berbasis komunitas, dan terbagi menjadi dua divisi, yakni Gym Club dan Classes. Tidak tanggung, alat gym 1RC dilengkapi dengan peralatan dari Amerika Serikat (Cybex), Korea (Newtech), dan juga Locker Room yang mewah.

Dengan konsep gym berbasis komunitas yang eksklusif, 1RC hadir untuk memberi kesempatan bagi para pecinta olahraga untuk berlatih secara efektif dan efisien; dengan alat-alat yang terbaik, berbagai Functional Class & Rhythm Class, komunitas yang supportive dan juga opsi Personal Trainer.

“1RC sendiri lebih mendorong untuk berlatih dengan Personal Trainer karena akan lebih efektif di mana olahraga pada dasarnya jauh lebih membuahkan hasil apabila dilakukan secara konsisten dengan program-program yang telah dipersonalisasi. 

Berlatih dengan Personal Trainer juga jauh lebih efisien karena tidak memerlukan waktu berjam-jam, cukup 1 jam per sesi dapat berlatih secara maksimal & dengan supervisi yang tepat dapat mencegah terjadinya cedera saat berlatih, selain itu kita juga akan lebih termotivasi, lebih terarah dan pastinya banyak kelebihan lainnya jika berlatih dengan Personal Trainer,” jelas Co-founder 1RC, Jocelyn.

Hadirnya 1RC di tengah Kota Medan juga membuatnya menjadi boutique gym dengan swimming pool pertama di Medan.

Jumlah member non PT juga dibatasi, guna untuk memastikan lingkungan & area gym yang aman dan nyaman untuk berlatih.

Lebih menarik lagi, setiap harinya, akan diadakan 12 kelas yang berbeda untuk para anggota, termasuk Bootcamp dan Rhythm Class yang merupakan pertama di Kota Medan.

Berlokasi di inti kota di Royal Condominium Tower B lt.5 Jl. Palang Merah No.1 Medan, 1RC memberikan harga membership yang terjangkau.

Special Parking Fee juga diberlakukan untuk para member dari 1RC yang membawa kendaraan pribadi.

“Concept Fitness Club seperti ini mungkin belum terlalu familiar dengan masyarakat kota Medan dan pada Open House kali ini, kami ingin mengajak calon member dan publik lebih mengenal 1RC dan juga perbedaan alat – alat yang kami pakai di sini,” ucap Co-founder 1RC, Carissa.

1RC mengadakan open house pada 23 Juni 2024, yang dimeriahkan dengan adanya berbagai Trial Class dan hadirnya Ryan Kim (ICN World Championship First Class) sebagai Guest Trainer. Info lebih lanjut dapat mengunjungi sosial media One Royal Club (1RC) @oneroyalclub.

Berikut beberapa link Komunitas Olahraga Di Medan

Demikianlah pembahasan mengenai Komunitas Olahraga Di Medan. Semoga berguna untuk kita semua, sekian terima kasih.

Leave a Comment